Bupati Mian saat melakukan kesiapan prajurit pembangunan saat pembukaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ke-102 tahun 2018 di lapangan Desa Sumber Mulya D7 Kecamatan Pinang Raya, Selasa (10/7/2018).

BENGKULU UTARA, PB – Bupati Bengkulu Utara Ir Mian secara resmi membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 tahun 2018 di lapangan Desa Sumber Mulya D7 Kecamatan Pinang Raya, Selasa (10/7/2018).

Dengan tema “Manunggal Membangun Karakter Generasi Milennial” dalam sambutannya Mian berharap program TMMD dapat bermanfaat bagi masyarakat desa dalam memperbaiki sarana dan prasarana jalan sebagai sarana transportasi yang menghubung suatu desa atau daerah dengan desa atau daerah lainnya.

“Selain meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa yang tertinggal, terpencil dan terisolir, TMMD juga bertujuan meningkatkan kelancaran arus transportasi berupa jalan di perdesaan, meningkatkan sarana kesehatan, ibadah serta ketertiban dan keamanan lingkungan, sehingga mampu merangsang masyarakat untuk membangun desanya,” ungkap Bupati.

Mian melanjutkan, program ini seirama dengan tekad pemerintah untuk memacu kreativitas dan prakarsa masyarakat dalam pembangunan.

“Sehingga pola pendekatan TMMD tersebut sangat sinkron dan sekaligus selaras dengan upaya pemerintah mengembangkan mekanisme bottom up, sebagai alih kendali pembangunan yang selama ini bersifat top down,” tutup Mian.

Sementara itu Dandim 0423 Bengkulu Utara, Letkol Arh Ari Trisenta Nursanto, memaparkan, pelaksanaan TMMD yang akan dilaksanakan hingga 8 Agustus mendatang ini sasarannya adalah pembangunan fisik jalur perekonomian hasil perkebunan sawit dan karet Desa Bukit Makmur, Desa Air Simpang, Desa Air Suka Mannak dan Desa Air Sebayur.

“Ini yang jadi fokus pada TMMD tahun ini. Mulai dari pelebaran jalan sepanjang 5,3 kilometer dengan lebar enam meter menghubungkan Desa Sumber Mulya dan Desa Marga Sakti, pemasangan batu dan mortar sepanjang 480 meter, pemasangan gorong-gorong sebanyak empat unit, pembuatan pos kamling satu unit, rahab rumah ibadah satu unit dan rehab sekolah PAUD satu unit,” demikian Letkol Arh Ari Trisenta. [Evi Kusnandar/Adv]

Bupati saat berdiskusi.
Mendengarkan sambutan-sambutan.
Mengabadikan kenangan.