Anggota Komite III DPD RI Riri Damayanti John K. Latief.

BENGKULU, PB – Guna menekan angka penyebaran virus Human Immunodeficiency Virus (HIV)/Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS), anggota Komite III DPD RI Riri Damayanti John Latief meminta agar dinas terkait untuk terus melakukan sosialisasi tentang bahaya HIV diberbagai tempat.

“Sosialisasi dilakukan baik kepada masyarakat yang ada di desa, kantor pemerintahan, komunitas, populasi kunci. Agar bahaya virus HIV dapat dicegah sejak dini,” terang Riri kepada jurnalis, Kamis (12/7/2018).

Ketua Bidang Tenaga Kerja, Kesehatan, Pemuda dan Olahraga BPD HIPMI Provinsi Bengkulu ini menjelaskan, sosialisasi rutin yang sering dilakukan oleh OPD terkait bisa dapat menekan angka kematian dari pada HIV/AIDS ini.

“Andai kata kalau setiap bulan atau per tahun kita rutin sosialisasi HIV baik di sekolah, di lokalisasi ataupun di lingkup masyarakat, bukan tidak mungkin penyakit yang tidak ada obatnya ini bisa dilakukan pencegahan dan penekanan angka kematian dalam kasus ini,” beber Riri.

Selain itu lanjut alumni Universitas Indonesia (UI) ini, orang yang terkena virus HIV/AIDS jangan dijauhkan. Melainkan harus disupport penuh agar mereka tetap semangat dalam menjalani kehidupannya.

“Bagaimanapun mereka juga manusia. Jangan dijauhi orangnya, tapi bagaimana kita harus bisa memberikan dukungan moril yang kuat kepada mereka,” tukas Riri.

Kakak Pembina Generasi Berencana BKKBN Provinsi Bengkulu ini optimis, salah satu kunci keberhasilan mencegah penyebaran virus HIV/AIDS ini adalah dengan mengedepankan pencegahan.

“Kampanyekan terus perilaku seksual yang sehat. Bagi yang sudah terinveksi, berikan pengayoman konsumsi obat secara teratur dan sesuai aturan. Cegah penularan ibu hamil positif mengidap HIV kepada anak,” demikian Riri.

Dalam prakteknya, Komite III DPD RI merupakan alat kelengkapan DPD RI yang bersifat tetap, yang mempunyai lingkup tugas pada pendidikan, kesehatan, agama, kebudayaan, kesejahteraan sosial, olahraga, kepemudaan dan sejumlah bidang lainnya. [Gayatri Sukarti]