Plt Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi saat menyampaikan sambutan Pekan Kontak Tani dan Nelayan Andalan (Peda KTNA) XVI di Bengkulu Selatan, Rabu (18/7/2018)

BENGKULU SELATAN, PB – Kabupaten Bengkulu Selatan didaulat sebagai tuan rumah pelakksanaan Pekan Daerah Kontak Tani dan Nelayan Andalan (Peda KTNA) XVI.

Rangkaian kegiatan Peda KTNA ini diawali dengan prosesi pembukaan. Sekitar 1.250 peserta dan undangan dari Kabupaten/Kota se Provinsi Bengkulu tampak menghadiri acara pembukaan yang digelar di Stadion Padang Panjang Kota Manna, Rabu (18/7/2018).

Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah membuka rengkaian keiatan Peda KTNA secara resmi.

“Peda KTNA ini menjadi media tukar informasi, tukar keterampilan, tukar teknologi serta tukar pengalaman bagi para peserta. Diharapkan, pasca Peda ini apa yang dipamerkan di sini, bisa diterapkan oleh seluruh stakeholder yang ada,” sampai Rohidin.

Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah hadiri Pekan Daerah Kontak Tani dan Nelayan Andalan (Peda KTNA) XVI

Sementara itu, dalam sambutannya Plt Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi menyampaikan bahwa Peda KTNA ini akan berlangsung dari tanggal 18 Juli sampai 24 Juli 2018.

Menurut Gusnan, agenda tiga tahunan ini dalam rangka membangkitkan semangat dan tanggung jawab serta kemandirian pertanian, perikanan dan kehutanan.

Dalam Peda KTNA ini panitia telah menyiapkan lokasi di sirkuit Padang Panjang untuk tempat pameran dan expo pertanian.

Sedangkan di Kebun Buah dan Balai Benih Padi (Padang Panjang) untuk lokasi kegiatan agro expo dan gelar inovasi teknologi pertanian dengan luasan display komoditas sekitar 16 Hektar.

Selain itu, panitia juga telah menyiapkan lokasi Field Trip ke sentra-sentra komoditas unggulan yang dimiliki Kabupaten Bengkulu Selatan meliputi Desa Padang Siring Kecamatan Seginim yang merupakan sentra komoditas buah-buahan. Dan Desa Sulau Kecamatan Kedurang Ilir yang merupakan sentra produksi komoditas peternakan.

“Dengan adanya Peda KTNA ini diharapkan dapat terjalin kemitraan usaha, khususnya bagi pelaku agribisnis di Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten/Kota se Provinsi Bengkulu dengan pengusaha di daerah. Sehingga akan berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi dan ketahanan pangan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Gusnan Mulyadi.

Selai itu, Gusnan juga berharap kepada peserta Peda KTNA, melalui kegiatan yang akan diiukuti dapat dijadikan sebagai ajang untuk meningkatkan pengetahuan dan ketermpilan di bidang profesi masing-masing.

Sehingga kualitas sumberdaya petani dan nelayan terus meningkat dan mampu menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat, baik di kawasan regional, nasional maupun internasional.

Turut hadir pada acara tersebut, Ketua DPRD Provinsi Bengkulu, Bupati dan wakil Bupati beberapa Kabupaten di Bengkulu, Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Dapil Bengkulu Selatan-Kaur, Penjabat Sekda Bengkulu Selatan, Ketua KTNA Nasional Winarno Tohir, FKPD Bengkulu Selatan, anggota DPRD BS serta pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Pemkab BS. [Apdian Utama]