Kapal Kargo Kandas diperairan Pulau Baai karena cuaca ekstrem, Rabu (25/7/2018).

BENGKULU, PB — Lantaran dihantam gelombang disertai angin kencang Kapal jenis Kargo MV JML ABADI Kandas didepan pintu alur dermaga Pulau Baai Bengkulu dengan titik koordinat 03 53 7280 S 102 16 7042 E.

Data terhimpun Pedoman Bengkulu, Kronologis kejadian, pada Rabu (25/7/2018) sekira Pukul 02.00 WIB Kapal jenis Kargo MV JML. ABADI berlayar dari Teluk Bayur menuju Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu dengan muatan Semen Padang 3.200 Ton hendak memasuki Alur Pelabuhan Pulau Baai, pada saat sudah berada didepan pintu alur masuk Lentera merah, Kapal dihantam gelombang disertai angin kencang yang mengakibatkan kapal terbawa arus dan kandas didepan pintu masuk alur pelabuhan Pulau Baai Bengkulu.

Berikut Data Kapal:

-Nama Kapal : KM. JML Abadi Eks JM
-Dragon, GT. 3508.
-Nama panggilan/Callsign : YFYC.
-Tahun Pembangunan : 1995. 5) Tempat Pendaftaran : Jakarta.
– Panjang : 92.80 meter.
– Jenis Mesin Niigata 2037 HP.
– Nama Nakhoda : Capt. Alfred Gaghana.
– Tujuan : Kapal Berlayar dari Teluk Bayur menuju Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu.
– Muatan : Semen Padang 3.200 Ton.

Dikonfirmasi Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Bengkulu, Letkol Agus Izudin mengatakan, kapal MV. JBL ABADI pukul 17.30 WIB sudah terbebas/clear dari lokasi kandas. Saat ombak besar jangkar putus mesin hidup langsung mundur, saat ini kapal posisi dilabuhkan diambang luar menunggu cuaca baik dan air pasang untuk dibawa masuk kembali ke pelabuhan.

“Saya masih di jakarta, informasi tersebut langsung dari staf KSOP. Pada akhir-akhir ini cuaca di perairan samudera hindia dan khususnya perairan Bengkulu saat ini sulit di prediksi setiap saat cuaca bisa berubah dengan ketinggian gelombang mencapai 6 M disertai angin kencang. Dihimbau kepada pengguna transportasi laut agar memperhatikan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG setempat sebagai pedoman untuk melaksanakan pelayaran,” pungkas Danlanal. [Ardiyanto]