Ilustrasi bendera partai politik

BENGKULU UTARA, PB – Setelah tidak mengajukan syarat untuk di daftarkan di partai Gerindra, ternyata dua anggota dewan asal Partai Gerindra, Joko Purnomo dan Parmin meloncat ke partai Perjuangan Indonesia Demokrasi Perjuangan (PDIP).

Hal itu terbukti saat mereka berdua masuk kedalam daftar bacaleg PDIP yang diserahkan ke KPU Bengkulu Utara, Selasa (17/7/2018).

Joko Purnomo dan Parmin berada di daftar bacaleg dapil IV. Joko Purnomo nomor urut 3 dan Parmin nomor urut 4. Dengan masuknya Joko dan Parmin, artinya ada tiga anggota dewan aktif yang menjadi bacaleg dari PDIP untuk dapil IV. Satu orang lagi itu yakni Sonti Bakara yang berada di nomor urut 1.

Ketua KPU Bengkulu Utara, Roges Marwansyah Rabu, saat dikonfirmasi Rabu (18/7/2018) membenarkan informasi ini namun pihak KPU masih akan melakukan penelitian administrasi karena selaku anggota Dewan dari partai Gerindra, secara aturan mereka harus melampirkan surat pengunduran diri dari Gerindra dan dari anggota DPRD BU, namun jika hal tersebut tidak dilampirkan kita terpaksa mendiskulifikasi.

Sementara itu Ketua Sekretariat Kantor DPC Partai Gerindra Bengkulu Utara Leo Kapisa menjelaskan, sampai pada hari ini selasa (17/7/2018) pukul 20.00 WIB, Joko dan Parmin selaku anggota Dewan dari Partai Gerindra belum pernah menyampaikan surat pengunduran diri, baik sebagai dewan maupun sebagai pengurus Partai secara lisan maupun tulisan ke kantor DPC Partai Gerindra.

“Pindah partai itu hak pribadi mereka, namun yang sangat di sayangkan etika politik mereka kurang mencerminkan sebagai wakil rakyat yang dihantarkan oleh partai Gerindra, hendaknya jika kita dipertemukan dengan cara baik seharusnya saat perpisahannya juga dengan cara baik pula. Suami istri saja kalau mau cerai ada aturan yang harus di jalankan,“ tutup Leo. [Evi Kusnandar]