Seluma, kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu yang lokasinya berada di pesisir barat ini, juga menjadi salah satu Kabupaten yang tergabung dalam Kawasan Bukit Barisan.

Kondisi geografisnya dari pesisir dan juga perbukitan membuat Kabupaten Seluma memiliki potensi wisata yang sangat beragam.

Diantara banyaknya tempat wisata di Seluma, ada beberapa tempat wisata yang sudah terkenal sejak dulu dan kerap kali didatangi pengunjung. Penasaran apa saja? Simak ulasannya.

1. Pantai Seluma

Keindahan Pantai Seluma

Nah, daya tarik pantai ini berupa pantai yang berpasir putih dengan vegetasi cemara pantai dan panorama alam yang amat indah.

Lokasi Pantai Seluma berjarak sekira 12 Km dari pusat kota Tais kabupaten Seluma dan dapat dijangkau dengan berbagai jenis kendaraan roda dua dan empat.

2. Bendungan Seluma

Panorama alam Bendungan Seluma

Bendungan Seluma berfungsi sebagai irigasi yang menjadi obyek wisata di Seluma, daya tarik disini berupa bendungan dengan keindahan alam yang dapat digunakan sebagai tempat rekreasi dan pemancingan.

Pemandangan alam disini sangatlah sejuk, ditambah dengan suara gemericik air akan membuat pikiran menjadi tenang. Banyak pengunjung yang berdatangan ke Bendungan Seluma untuk berfoto atau mandi. Namun, untuk mandi harus benar-benar ekstra hati-hati. Terlebih untuk anak-anak harus dengan pengawasan orang dewasa.

3. Lubuk Resam

Goa Agung atau Goa Besar yang terletak di puncak Bukit Sanggul.

Obyek wisata merupakan bagian kawasan hutan lindung. Adapun nama air terjun disini diambil dari nama Desa Lubuk Resam. Bagi yang senang melakukan wisata petualangan untuk menelusuri hutan hujan tropis menjadi tantangan tersendiri.

Lubuk Resam memiliki daya tarik berupa air terjun dan panorama alam yang menyejukkan. Tempat wisata alam ini berjarak sekira 50 Km dari Tais. Disini pengunjung juga bisa melihat Goa Agung atau Goa Besar yang terletak di puncak Bukit Sanggul.

4. Taman Buru Semidang Bukit Kabu

Satwa dilindungi Harimau Sumatera di Kawasan Taman Buru Semidang Bukit Kabu

Kawasan ini merupakan kawasan taman berburu nasional yang mempunyai luas sekira 15.300 Ha. Nah, di kawasan ini masih banyak terdapat satwa langka yang dilindungi.

Diketahui sejumlah satwa liar dilindungi yang masih hidup di kawasan seluas ribuan hektare itu yakni harimau Sumatera (Phantera tigris sumatrae) dan beruang madu (Helarctos malayanus).

Selain itu, terdapat juga burung elang brontok (Nisaetus cirrhatus) dan siamang (Symphalangus syndactylus) yang hidup liar di dalam kawasan taman buru tersebut.

Empat tempat wisata itu hanya sebagai gambaran betapa indahnya kabupaten Seluma, jika pengunjung berkunjung menuju kecamatan demi kecamatan yang ada di Seluma, pastilah akan terperangah dengan keindahan objek wisata lainnya.

Di Semidang Alas Maras misalnya, ada Pantai Ancol yang amat terkenal. Kemudian di Lubuk Sandi ada Air Terjun Napal Jungur, dan lain sebagainya masih banyak lagi.

Jika ingin berfoto di tempat kekinian dapat berhenti tak jauh dari Tugu Bujang Gadis. Disana kerap kali pengunjung yang lewat berhenti hanya untuk berfoto dengan latar belakang Tugu Bujang Gadis di Seluma. [Eva De]