Kepala Dinas Sosial Provinsi Bengkulu Iskandar Zo.

BENGKULU, PB – Saat ini Dinas Sosial Provinsi Bengkulu sedang mengoptimalkan beberapa program sebagai upaya penurunan angka kemiskinan tahun 2018.

Diungkapkan oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Bengkulu Iskandar Zo, saat ini Dinas Sosial sedang mengoptimalkan empat program upaya pengentasan kemiskinan bagi masyarakat di Provinsi Bengkulu.

“Program fokus kita tahun 2018 yaitu penanganan fakir miskin, pemberdayaan sosial, rehabilitasi sosial, serta perlindungan dan jaminan sosial,” ujar Iskandar saat ditemui di sela-sela aktivitasnya, Rabu (11/7/2018).

Dikatakan Iskandar bahwa sebenarnya upaya pelaksanaan empat program unggulan tersebut telah mulai direalisasikan sejak tahun 2017.

“Sejauh ini kita sudah anggarkan di tahun 2017 dan meyakinkan Kementrian Sosial Republik Indonesia untuk bersinergi bersama dalam pengentasan kemiskinan,” imbuhnya.

Dilain sisi, dalam pelaksanaan empat program tersebut pihaknya juga mendapati berbagai kendala, diantaranya adalah masalah anggaran.

“Kita memang ada kendala, yaitu anggaran yang terbatas dan sumber daya manusia yang masih sedikit serta kurangnya koordinasi dengan kabupaten atau kota,” ungkap Iskandar.

Menanggapi persoalan tersebut, pihaknya mengambil langkah mendekati pemerintahan pusat untuk membantu melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Selanjutnya kita telah lakukan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan mengupgrade pengetahuan Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinsos sebagai pelaksana. Hal ini tujuanya dimaksudkan untuk membantu dalam merealisasikan program dinas sosial,” pungkasnya. [Deni Dwi Cahya]