JAKARTA, PB – Gerhana Bulan Total (GBT) akan menyapa wilayah Indonesia pada Sabtu, 28 Juli 2018 mendatang. Masyarakat di seluruh daerah pun bisa mengamati fenomena alam tersebut.

Melansir Liputan6.com, menurut Deputi Bidang Geofisika BMKG Muhamad Sadly, gerhana bulan total itu merupakan peristiwa terlama pada abad ke-21. Yang mana proses gerhana memiliki durasi hingga satu jam setengah lebih.

Menurut perhitungan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Gerhana bulan total dengan durasi yang lebih lama diprediksi akan terjadi lagi pada Juni 2123 yang mencapai 106 menit. Akan tetapi, fenomena alam ini tidak bisa diamati di wilayah Indonesia, sedangkan yang dapat diamati di wilayah Indonesia terjadi pada Juni 2141 yang mencapai durasi 106 menit.

“Totalitas GBT 28 Juli 2018 akan mencapai 103 menit, merupakan yang terlama hingga lebih dari 100 tahun ke depan. GBT yang akan datang dengan fase totalitas lebih lama adalah GBT pada 9 Juni 2123, mencapai 106 menit. Sayangnya gerhana itu tidak teramati dari Indonesia. Adapun gerhana sebelumnya dengan totalitas lebih lama daripada gerhana 28 Juli 2018 terjadi pada 16 Juli 2000, dengan fase totalitas mencapai 106 menit,” kata Sadly.

Gerhana bulan yang terjadi akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan. Peristiwa ini hanya berlangsung saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Menurut Sadly, gerhana bulan merupakan peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bumi sehingga cahaya tidak semuanya sampai ke bulan.

“Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018 merupakan peristiwa langka, BMKG akan melakukan pengamatan tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” kata Deputi Bidang Geofisika BMKG Muhamad Sadly lewat keterangan tertulis Jumat, beberapa hari lalu.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga mengungkapkan bahwa fenomena alam yang menakjubkan ini dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. Termasuk di Bengkulu. Jadi, Gerhana Bulan Total 28 Juli mendatang dapat disaksikan langsung oleh masyarakat Bengkulu.

BMKG memperkirakan gerhana bulan total dan terlama ini terjadi mulai pukul 00.13 WIB dan berakhir pada pukul 06.30 WIB. [Ivana]