Plt Gubernur saat melakukan pemotongan pita pada pameran industri kreatif dan kuliner dari berbagai kabupaten/kota di Bengkulu dalam Harganas ke XXV di Lapangan Merdeka Bintuhan, Kabupaten Kaur, Minggu (29/07/2018).

PEDOMANBENGKULU.COM, Kaur – Pameran industri kreatif dan kuliner gelar dagang dari berbagai Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Bengkulu ikut mewarnai peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXV di Lapangan Merdeka Bintuhan, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, Minggu (29/07/2018).

Pameran yang diikuti sekitar 30 stan tersebut dibuka langsung secara resmi oleh Plt Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA.

“Pameran ini sebagai pembelajaran untuk menumbuhkan semangat berusaha bagi keluarga khususnya keluarga prasejahtera dan usaha mikro, juga sebagai pendorong bangkitnya perekonomian khususnya kelompok usaha mikro yang tersebar di Provinsi Bengkulu,” kata Plt Gubernur saat memberikan sambutan sebelum melakukan pemotongan pita, Minggu (29/7/2018).

Melalui kegiatan ini diharapkan kelompok pengrajin mikro dapat terbantu memasarkan produk unggulan masing-masing daerah.

“Diharapkan dapat terjalin komunikasi antar sesama pedagang dan saling tukar pengalaman, sehingga membangun jaringan pemasaran yang lebih luas dan memiliki daya saing baik kualitas maupun kuantitas produk,” katanya.

Pada bagian lain, Ketua panitia Harganas ke XXV tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2018, Hendri Taslim mengatakan, selain pembelajaran dalam menumbuhkan minat dan semangat berusaha, pameran Gelar Dagang dan Kuliner ini sekaligus juga menjadi ajang promosi produk unggulan bagi keluarga, khususnya keluarga miskin, dan usaha mikro.

“Melalui kegiatan ini, kita dapat membantu kelompok-kelompok usaha mikro memasarkan produk unggulan masing-masing dengan harapan dapat membangun jaringan pemasaran yang lebih luas dan memiliki daya saing dengan komoditi produk unggulan masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut Hendri menuturkan, momentum tersebut merupakan ajang silaturahim yang mengundang seluruh wilayah Provinsi Bengkulu yang memiliki kreatifitas dan keunikan, baik dari segi makanan ringan, berbagai jenis olahan minuman dan lainnya.

Pantauan pedomanbengkulu.com, stan yang ikut memeriahkan gelar dagang dalam acara puncak HARGANAS ke XXV tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2018 diantaranya adalah stan IPeKB Cabang Kaur, DPPKBPP-PA Kabupaten Kaur, Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu, UPPKS Melati Desa Harapan Makmur Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah, Dinas KB Bengkulu Selatan, Dinas KB Lebong, Dinas KB Bengkulu Utara, Dinas KB Seluma, UPPKS Padang Gading Mukomuko, Dinas KB Rejang Lebong, Dinas KB Kepahiang, UPPKS Kota Bengkulu, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Kaur, UKM Putri Kota Bengkulu, Disperindag Provinsi Bengkulu, Dinas Koperasi Kaur, UKM Perindustrian dan Perdagangan Kaur, dan Dinas Ketahanan Pangan Kaur. [Nurhas Bunaida]

Berikut sejumlah dokumentasi dari pameran ini: