Ichwan Yunus saat  digiring jaksa menuju Rutan Malabero, Selasa malam (17/7/2018)

BENGKULU, PB — Tersangka kasus korupsi Ichwan Yunus yang juga mantan Bupati Mukomuko dua periode langsung dibawa ke rumah tahanan (Rutan) Malabero, Kota Bengkulu usai menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bengkulu, Selasa (17/7/2018).

Ichwan Yunus tiba di Kantor Kejati sekira Pukul 22.20 WIB dan menjalani pemeriksaan. Sebelumnya, tersangka ditangkap tim Kejaksaan Agung saat berada di salah satu Mall di Jakarta Timur, Selasa siang (17/7) sekira pukul 11.45 WIB.

Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Bengkulu, Henri Nainggolan, menjelaskan, Ichwan Yunus masih berstatus tersangka setelah buron selama 2 tahun.

Ichwan ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan korupsi dana bantuan keuangan khusus pada sekretaris daerah Kabupaten Mukomuko tahun 2012 lalu dengan besaran sekitar Rp400 juta.

“Tersangka merupakan pelaku utama, dan kita akan melakukan pengembangan untuk mengetahui apakah ada tersangka lain atau tidak, mungkin nanti penyidikannya oleh Jaksa di Mukomuko dan dibantu jaksa Kejati,” ujar Aspidsus.

Selanjunya, pihak jaksa akan melakukan pemberkasan untuk selanjutnya Kejari Mukomuko akan sesegera mungkin melakukan pelimpahan perkara ke pengadilan.

“ini sudah mau pemberkasan, kan ini masih penyidikan kemaren, kejari muko muko akan sesegera mungkin melimpahkan ke pengadilan,” tandas Aspidsus. [Ardiyanto]