Pemenang BUMDes Rejang Lebong

REJANG LEBONG, PB – Belakangan terungkap, jika Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Rejang Lebong melaksanakan lomba Keterampilan Managemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di Desa – Desa Se- Kabupaten Rejang Lebong.

Hasinya, Tim penilai gabungan dari ASN Kantor PMD dan Tenaga Ahli Kabupaten Rejang Lebong menetapkan tiga BUMDes terbaik.

Diantaranya, juara III diraih oleh BUMDes Padek Niah Desa Tanjung Heran Kecamatan Sindang Beliti Ulu (SBU), Juara II diraih oleh BUMDes Urip Jaya Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang. Sedangkan juara I diraih oleh BUMDes Sari Tani Desa Rimbo Recap Kecamatan Curup Selatan.

“Lomba ini memang baru diadakan tahun ini dalam rangka pembinaan BUMDes dan pemacu usaha di Desa berdasarkan potensi Desa,” ujar Kepala Dinas PMD Rejang Lebong, Gunawan Firmansyah melalui Sekretaris Dinas, Achmed Chalid, Selasa (10/7).

Dijelaskan Achmed, BUMDes peraih juara I mengelola soal ternak itik serta Saprodi Beras hasil pertanian. Juara ke II mengelola soal saprodi hasil pertanian dan pengolahan wisata. Sedangkan juara ketiga, mengelola pengolahan bubuk kopu dan hasil perkebunan.

“BUMDes yang dinilai adalah BUMDes yang mewakili kecamatan masing masing. Tentunya BUMDes yang telah lolos verifikasi tingkat kecamatan,” ujar Achmed.

Diharapkan, tambah Achmed, melalui kegiatan ini, BUMDes dapat menjadi unsur pembentukan Desa Mandiri lantaran telah berhasil menghasilkan APBDes sendiri.

“Kegiatan ini baru pertama kali diadakan tahun ini dan akan terus kita laksanakan secara rutin setiap tahunnya,” ujar Achmed. [Ifan Salianto]