Peningkatan infrastruktur jalan di Desa Air Sekamanak Kecamatan Pinang Raya Kabupaten Bengkulu Utara, Sabtu (7/7/2018).

BENGKULU UTARA, PB – Desa Air Sekamanak sebagai salah satu daerah yang mayoritas masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani karet di wilayah Kecamatan Pinang Raya saat ini sedang meningkatkan infrastruktur jalan.

Terhitung sejak desa didirikan belum tersentuh pengerasan jalan. Pasalnya, selama ini jalan tersebut hanya dilapisi batu koral sehingga akan sulit dilalui ketika musim penghujan tiba. Pembangunan ini akan menjadi jawaban atas keluhan warga Air Sekamanak selama ini.

Data terhimpun, dari sekitar 1.324 jiwa penduduk Desa Air Sekamanak, ada 698 jiwa yang memiliki mata pencaharian sebagai petani karet. Hal ini ditunjang dengan adanya luas lahan Perkebunan Rakyat (PR) sekitar 900 hektar dan Perkebunan Inti Rakyat (PIR) dengan luas lahan 1300 hektar.

Namun diluar itu, salah satu kendala bagi petani adalah harga jual yang rendah. Penyebabnya adalah kondisi infrastruktur yang tidak memadai sehingga mengakibatkan biaya pengeluaran yang tinggi.

Suyono selaku Ketua RT 12 RW 4 mengatakan pembangunan jalan ini akan berpengaruh terhadap harga jual komoditi utama Desa Air Sekamanak.

“Masyarakat sini kan mayoritas petani karet dan sawit, tentunya nanti masyarakat dapat memanfaatkan akses jalan untuk mengangkut hasil kebun, bisa mengurangi biaya transportasi sehingga mengangkat harga jual hasil kebun di dalam desa,” kata Suyono, Sabtu (7/7/2018).

Sejalan dengan itu, Kepala Desa Air Sekamanak Adrongi mengungkapkan, walaupun belum secara keseluruhan jalan poros dapat dibangun namun pembangunan infrastruktur ini akan sangat bermanfaat bagi warganya.

“Itu jalan untuk anak-anak menuju sekolah, bahkan menjadi jalan poros yang setiap hari dilalui warga yang pasti akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Alhamdulillah, tahap penyiraman sejak bulan juni lalu lancar. Mudah-mudahan lancar sampai selesai,” ujar Kades Adrongi. [Deni Dwi Cahya]