Pembinaan Aparatur Pemerintah Desa 2018

SELUMA, PB – Dinas Pemerintah Masyarakat dan Desa (PMD) Seluma melakukan pembinaan terhadap aparatur pemerintah desa, Kamis (26/07/2018).

Pembinaan aparatur desa ini guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di pemerintahan desa masing-masing.

“Ini mengenai tugas Kades, BPD dan Perangkat Desa,” kata Kabid Pemerintahan Desa, dinas PMD Seluma, Arlan Aksa kepada wartawan usai membuka acara Pembinaan Aparatur Pemerintah Desa tahun 2018 di aula Bappeda Seluma.
Arlan menjelaskan, pembinaan ini berkaitan dengan tugas dan fungsi masing-masing aparatur Pemerintah desa. Sehingga, BPD dan perangkat Desa memahami tugas dan fungsinya agar roda pemerintah Desa berjalan dengan baik.

“Aparatur desa banyak belum mengerti laporan. Misalnya dari sisi administrasi, BPD itu mempunyai 15 macam buku, diantaranya buku tata tertib pemerintah desa. Selama ini baru ada buku surat masuk dan surat keluar, padahal ada banyak,” jelas Arlan.

Kata dia, pembinaan aparatur Desa ini dilaksanakan satu kali dalam satu tahun. Namun, untuk sistemnya, dinas PMD membagi menjadi 9 kali pertemuan yakni dibagi perkecamatan. Kegiatan pembinaan pertama dilakukan di Kecamatan Sukaraja dan Lubuk Sandi.

“Antara BPD dan Kepala Desa masih banyak yang tidak paham tupoksinya.
Tugas BPD itu misalnya merancang APBDes. Makanya Harus bekerjasama dengan Kades,” tandasnya. [Sepriandi]