Kepala Desa Gunung Agung Kecamatan Kota Argamakmur berinisial BU (sebelah kanan) saat berada di Mapolres Bengkulu Utara.

BENGKULU UTARA, PB – Kepala Desa Gunung Agung Kecamatan Kota Argamakmur berinisial BU (57) akhirnya ditahan pihak Polres Bengkulu Utara, Selasa (10/6/2018).

Hal ini dilakukan setelah Kepolisian memastikan bahwa BU memalsukan tanda tangan Pjs Kades Desa Gunung Agung yang berinisial RH.

Kapolres Bengkulu Utara AKBP Ariefaldi Warnegara melalui Kasat Reskrim AKP M Jufri mengatakan bahwa hasil dari penyelidikan dan pemeriksaan, BU mengakui bahwa sudah bersalah dan memalsukan tanda tangan RH untuk kepentingan pencairan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2016.

“BU koperatif terhadap penyidik, dia mengakui tandatangan yang dipalsukan sesuai laporan RH. Diperkuat juga dengan hasil pemeriksaan labfor Palembang, dan saat ini dia siap mempertanggung jawabkan perbuatannya,” ungkap Kasat.

Ditambahkan Kasat bahwa BU memalsukan tanda tangan RH saat membuat surat pertanggungjawaban belanja DD tahap satu tahun anggaran 2016.

Hal ini disinyalir dilakukan semata-mata untuk kepentingan dan kebaikan warga desanya.

“Pengakuan BU, pemalsuan itu dilakukan agar dapat melakukan pencairan DD tahap dua tahun 2016. Mengingat waktunya sudah mendesak dan bukan untuk kepentingan pribadi. Sedangkan RH sendiri tidak berada ditempat dan komunikasi terputus lantaran RH sedang pergi tak tahu kemana,” ujar Kasat. [Evi Kusnandar]