Penyerahan beasiswa KAUMY Fellowship oleh Abdullah Sumrahadi (penggagas KAUMY Fellowship) dan Yogi Maharesi (Ketua PP KAUMY).

Serahkan Beasiswa Kuliah untuk Anak Yatim

JAKARTA, PB – Setelah sukses melaksanakan program KAUMY Peduli untuk Literasi, kali ini Keluarga Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KAUMY) DKI Jakarta menggelar acara Halal Bihalal sekaligus Launching Program KAUMY Fellowship, dan penyerahan donasi untuk alumni.

Acara yang dilaksanakan di gedung Perpusnas, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Sabtu (7/7) ini dihadiri oleh para alumni UMY yang berdomisili di Jakarta.

Selain itu hadir juga Ketua PP KAUMY Yogi Maharesi, Wakil Rektor IV UMY Hilman Latief, Ketua Presidium KAHMI Kamrussamad, Ketua HMI MPO Aji Zuhad, perwakilan HMI DIPO Riyan, dan sejumlah tokoh lain.

Halal bihalal sudah menjadi agenda rutin KAUMY DKI sebagai ajang silaturahmi anggotanya. Namun tak sekadar kumpul-kumpul, KAUMY DKI juga melakukan berbagai aksi sosial, salah satunya dengan menelurkan program KAUMY Fellowship.

Ketua KAUMY DKI Nu’man Iskandar menjelaskan, KAUMY Fellowship merupakan lanjutan dari program KAUMY Peduli untuk Literasi. Berangkat dari kesadaran literasi masyarakat Indonesia yang masih cukup rendah, KAUMY DKI memberikan bantuan dan dorongan kepada anak-anak panti asuhan agar melek literasi.

“Kita mulai dari panti yang kita didik secara periodik yang harapan kita nanti muncul kader-kader baru yang melek literasi, nah kelanjutannya KAUMY Fellowship ini,” ujar Nu’man.

Program KAUMY Fellowship ini digagas oleh Abdullah Sumrahadi, alumni jurusan Hubungan Internasional (HI) UMY angkatan 1995, untuk membantu lulusan SMA dan sederajat melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi. Pada periode pertama ini, KAUMY DKI bekerja sama dengan Universitas Krisnadwipayana Jakarta sebagai kampus tujuan penerima beasiswa.

“Pada tahap ini KAUMY Fellowship dikonsentrasikan di Jakarta. Beasiswa akan diberikan untuk program kuliah di jurusan Ilmu Administrasi Publik dan Ilmu Administrasi Bisnis pada Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Krisnadwipayana,” kata Abdullah yang aktif sebagai akademisi di dunia internasional sekaligus pendiri kelompok usaha kreatif ‘The Oakwood Connections’ tersebut.

Abdullah menyebut jika pada umumnya fellowship diberikan dengan semacam ikatan dari pihak pemberi dana untuk beasiswa pendidikan dan penelitian, KAUMY Fellowship dibangun pada ranah integritas, satuan etika, dan bangunan moral publik untuk kader-kader penerus perjuangan menuju perubahan.

Penerima beasiswa tersebut yakni Nur Hidayatulkarim (20), perempuan lulusan SMK Teknik Industri (TI) Muhammadiyah Cikampek. Nur merupakan anak ke-6 dari 6 bersaudara pasangan Jayadi dan alm Rusiyam.

Penerima beasiswa lainnya yakni Ulfatun Hidayah (19), perempuan lulusan SMK Muhammadiyah 1 Cilacap. Ulfatun adalah anak tunggal dari pasangan Kosim dan Munfarihan. Selama ini kedua penerima beasiswa tersebut tinggal di panti asuhan Siti Walidah, Pinangan Timur, Jakarta Timur.

Ikatan silaturahmi alumni UMY tak sampai di situ. KAUMY DKI juga menggalang dana untuk pengobatan Winda Febriana, alumni UMY jurusan HI angkatan 2000 yang menderita kanker rongga hidung (tumor sinonasal). Winda sudah berjuang melawan kanker yang menggerogoti tubuhnya sejak tahun 2017.

Donasi tersebut dikumpulkan selama satu bulan yakni dari tanggal 1-30 Juni 2018 dan berasal dari berbagai alumni yang tersebar di seluruh Indonesia.

Saat ini Winda masih harus menjalani perawatan rutin di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat. Donasi yang terkumpul sebanyak Rp 12.800.000 diserahkan secara simbolik kepada perwakilan pengurus KAUMY DKI, Nu’man Iskandar, yang nantinya akan ditransfer kepada keluarga Winda. [Rilis]