Anggota DPRD Komisi III Kota Bengkulu, Kusmito Gunawan, Selasa (31/7)

PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Untuk mengoptimalkan kinerja secara normal, Legislasi menyiapkan pembuatan 3 Peraturan Deaerah (Perda) di tahun ini diantaranya, perda perumahan Claster, Perda Corporate Social Responsibility (CSR), dan Perda Minuman Tuak. Hal ini disampaikan Kusmito Gunawan Anggota DPRD Komisi III Kota Bengkulu, Selasa (31/7).

“Naskah akademisnya sudah di buat untuk setiap perdanya, namun belum dibuat dalam agenda paripurna untuk pembentukan perda tersebut, lantaran kita harus mengikuti mekanisme pemerintahan secara baik dan benar,” ujar Kusmito Gunawan.

Dalam raperda tersebut perumahan claster menjadi perhatian serius karena mengalami penjamuran lantaran rumah yang tersedia masih bersifat kelas eliet saja. Seharusnya perumahan claster yang tersedia dapat dimanfaatkan oleh seluruh kalangan, baik kalangan atas, menengah, dan bawah.

“Maksudnya harus merata tidak hanya berdiri bangunan yang kelas elite saja, nah kita harus membuat pemaparan presentase untuk mereka yang akan membuat perumahan claster ini, agar kelas menengah kebawah dapat ikut memanfaatkannya,” kata Kuswito

Disamping itu, lanjut Kusmito, perumahan claster harus memiliki klasifikasi dalam pembangunan, seperti fasilitas umum dan sosial misal harus ada ruang terbuka hijau, taman, dan masjid, selanjutnya pemerintah juga akan memilah daerah pembangunan tersebut agar tempat pembangunannya sesuai.

“Pemilahan lokasi misalnya daerah tersebut serapan air, itu tidak ada izin itu tidak di perbolehkan mendirikan bangunan sebab akan menjadi semrawut,” tandasnya.[Yomi]