Sensasi Sungai Air Manna (Foto: Frengki Apri Yogi)

Bengkulu Selatan tidak hanya dikenal dengan potensi wisata pantainya saja. Kabupaten yang terkenal dengan lagu Sekundang Setungguan ini nyatanya juga punya aliran sungai yang menawan dan menantang untuk ditaklukkan.

Sungai Air Manna namanya. Sungai ini mempunyai potensi untuk kegiatan wisata tirta seperti lomba rally rakit, dan arung jeram. Kegiatan Arung Jeram berlokasi di desa Air Tenam, sekira 40 Km dari kota Manna.

Sungai Air Manna dengan panorama alam yang indah menjadi atraksi yang menarik bagi para pecinta arung jeram.

Sungai ini alirannya masih alami, jernih dan belum tercemar oleh limbah. Lokasi sungai ini bisa terbilang agak terpencil. Oleh karena itu, panorama alamnya sangat asri terhindar dari berbagai macam polusi.

Lokasi sungai yang berada di Dusun Air Tenam, Desa Batu Aji, Kecamatan Ulu Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan ini merupakan jalan yang menghubungkan Bengkulu Selatan dengan Pagar Alam, Lahat, Sumatera Selatan.

Berdasarkan hasil penelitian Mapetala Universitas Bengkulu, besarnya aliran sungai per satuan waktu di Sungai Air Manna yaitu 277,07 m2/detik. Sedangkan sungai yang dapat digunakan untukk berarung jeram mempunyai debit air antara 800 cfs atau 250 m3/detik sampai 10.000 cfs atau 300 m3/detik.

Gradient menunjukan nilai rata rata penurunan dalam meter sepanjang jarak tertentu (km). Gradient dapat digunakan untuk mengetahui tingkat kecepatan aliran sungai. Gradient Sungai Air Manna dari Bengkulu-Sumsel sampai Dusun Air Tenam yaitu rata-rata 14 m/10,562 km. Sedangkan dari Dusun Air Tenam sampai daerah wisata Geluguran tingkat kemiringannya yaitu 18 m/12,792 km.

Dengan alasan tersebut, Sungai Air Manna termasuk sungai yang layak untuk dipakai olahraga arung jeram. Arus yang menantang dan panorama alam yang indah, akan mengukir pengalaman yang berkesan. [Eva De]