Bupati Bengkulu Utara Ir Mian saat meninjau lokasi ambruknya saluran irigasi yang terletak di Desa Perbo Kecamatan Kerkap, Minggu (1/7/2018).

BENGKULU UTARA, PB – Bupati Bengkulu Utara Ir Mian langsung bergerak cepat untuk meninjau lokasi ambruknya saluran irigasi yang terletak di Desa Perbo Kecamatan Kerkap, Minggu (1/7/2018).

“Ini merupakan musibah yang sama-sama tidak kita kehendaki, namun saya sudah perintahkan dinas terkait untuk tangulangi pembuatan tanggul darurat setidaknya bisa dijadikan alternatif sementara. Kasihan ratusan hektar sawah masyarakat terancam kekeringan jika dibiarkan begitu saja belum lagi ada puluhan peternak ikan yang juga terancam merugi,” ujar Mian.

Ditambahkan politisi PDIP itu bahwa dirinya sudah melakukan kordinasi dengan pihak Pemerintah Provinsi dalam hal ini Dinas PUPR Provinsi Bengkulu mengingat saluran irigasi tersebut pengelolaanya ada di provinsi.

“Semoga pihak provinsi bisa merespon dengan baik, agar dapat segera dibangun secara permanen,” ungkap Mian.

Untuk diketahui, saluran irigasi yang terletak di Desa Perbo Kecamatan Kerkap Ambruk lantaran tidak mampu menahan debit air yang berlebih.

Bupati Mian berharap agar Pemda Provinsi Bengkulu dapat segera memperbaiki saluran irigasi ini.

Sedangkan saluran irigasi tersebut merupakan sumber utama perairan bagi petani di wilayah Kecamatan Kerkap. [Evi Kusnandar]