Objek Wisata air terjun batu bekinyau

SELUMA, PB – Objek Wisata air terjun batu bekinyau di Desa Sengkuang Jaya Kecamatan Seluma barat akan dihibahkan ke Pemerintah Kabupaten.

Objek Wisata batu bekinyau ini nantinya, akan menjadi objek wisata andalan Kabupaten Seluma karena dekat dengan jalan lintas provinsi.

“Sekarang sedang diurus administrasi hibahnya dari pemerintah desa ke pemerintah Kabupaten,” kata Asisten I Setda Seluma Mirin Ajib, kepada wartawan belum lama ini.

Setelah mejadi hak pemerintah Kabupaten tambah Dia, akan diregister untuk kemudian dikelola menjadi objek wisata milik pemerintah. Objek Wisata batu bekinyau ini telah disiapkan untuk destinasi wisata daerah.

“Nanti pemerintah Kabupaten dapat cepat mengelola, terutama untuk pembangunan jalan menuju lokasi wisata. Kita harapkan di tahun 2020 wisata andalan Seluma sudah ada,” harapnya.

Setelah objek wisata ini nanti berhasil dibuka oleh pemerintah Kabupaten jelas Mirin, bisa saja sistem pengolahannya diambil alih oleh pemerintah desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Kemudian, BUMDes hanya membayar pajak retribusi untuk menambah PAD Kabupaten Seluma.

Pengolahan beberapa objek wisata di Kabupaten Seluma banyak terkendala pada pendataan kawasan Cagar Alam. Seperti di objek wisata wahana air Cemoro Sewu di Desa Kungai Baru Kecamatan Air Periukan dan pantai Desa Pasar Seluma Kecamatan Seluma Selatan. [Sepriandi]