Prinsip pengaturan makan untuk penderita diabetes hampir sama dengan anjuran makan untuk masyarakat umum, yaitu makanan yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan kalori dan zat gizi masing-masing orang.

Orang dengan diabetes perlu diberikan penekanan mengenai pentingnya keteraturan jadwal makan, jenis, dan jumlah kandungan kalori. Prinsip dari pola makan untuk penderita diabetes adalah makan dengan frekuensi yang sering tapi dalam porsi kecil.

Dilansir dari Hello Sehat, berikut komposisi makanan yang dianjurkan untuk pasien diabetes berdasarkan Perkumpulan Endokrinologi Indonesia.

– Karbohidrat

Karbohidrat yang dianjurkan untuk dikonsumsi sebesar 46-65 persen dari total asupan kalori. Terutama karbohidrat yang berserat tinggi. Karbohidrat total yang dianjurkan adalah tidak kurang dari 130 gram per hari.

– Lemak

Asupan lemak yang dianjurkan untuk diabetesi 20-25 persen kebutuhan kalori, dan tidak dibolehkan melebih 30 persen dari total asupan energi.

Komposisi yang dianjurkan untuk lemak jenuh tidak lebih dari tujuh persen kebutuhan kalori. Sementara untuk lemak tidak jenuh ganda tidak kurang dari sepuluh persen, dan selebihnya adalah dari lemak tidak jenuh. Sedangkan konsumsi kolesterol yang dianjurkan tidak kurang dari 200 miligram per hari.

Sebaiknya batasi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans, seperti daging berlemak.

– Protein

Kebutuhan kalori yang diperlukan untuk pasien diabetes sebesar 10-20 persen dari total asupan kalori. Sumber protein yang baik untuk pasien diabetes adalah ikan, udang, cumi, daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, produk susu rendah lemak, kacang-kacangan, tahu, dan tempe.

– Natrium

Asupan natrium yang dianjurkan untuk pasien diabetes tidak kurang dari 2.000 miligram per hari. Diabetesi yang juga memiliki hipertensi perlu mengurangi asupan natrium.

Sumber natrium antara lain adalah garam, vetsin, soda, dan bahan pengawet seperti natrium benzoat dan natrium nitrit.

– Serat

Diabetesi dianjurkan mengonsumsi serat dari kacang-kacangan, buah, dam sayuran serta sumber karbohidrat yang tinggi serat. Anjuran konsumsi serat untuk diabetesi sekitar 20-35 gram per hari yang berasal dari berbagai sumber bahan makanan.

Serat bisa membantu tetap kenyang lebih lama, mengurangi lemak darah, membantu menurunkan gula darah, dan mengurangi resistensi insulin.

– Gula

Mengonsumsi gula bukanlah hal yang buruk asal mengetahui batas aman per harinya. Batas konsumsi gula yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia per orang dalam satu hari adalah 50 gram gula.

Ganti gula dengan pemanis rendah kalori dan mengandung kromium untuk meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh, sehingga membantu diabetesi dalam mengendalikan gula darah. Kurangi semua jenis minuman manis termasuk soda, jus buah, minuman olahraga, dan yang lainnya. Jika ingin makanan manis, makanlah dengan porsi kecil.

Hal yang perlu diingat dalam menyiapkan menu makanan untuk penderita diabetes adalah makanan yang rendah gula, garam, lemak, dan tinggi serat. Selain itu, makanan untuk penderita diabetes juga dilihat berdasarkan kebutuhan kalori harian. [Eva De]