Kondisi Pasar Kamis yang tampak sepi saat dilakukannya pembongkaran di pasar tersebut, Senin (2/6/2018).

BENGKULU UTARA, PB – Pasar Kamis yang terletak di Desa Suka Makmur Kecamatan Marga Sakti Sebelat direlokasi ke Lapangan SMPN 64 Bengkulu Utara untuk sementara waktu. Hal ini dikarenakan adanya perbaikan atau renovasi pasar.

Pembokaran area pasar sudah dilakukan sehabis lebaran dan sampai saat ini pun masih berlangsung. Pada tanggal 5 Juli 2018 kelak, ditargetkan pasar sudah dalam keadaan kosong.

Maryono selaku kepala desa Suka Makmur mengatakan, Kamis (5/7/2018), ketika pasaran tiba, pembongkaran dan pemindahan pasar sebagian sudah selesai terkecuali untuk penjual daging ayam dan ikan karena mengingat limbahnya akan mencemari lapangan.

“Jadi yang sudah dapat pindah untuk pedagang pakaian, sandal, sepatu, sayur mayur,” katanya, Senin (2/7/18).

Pembongkaran ini, lanjutnya, tidak hanya untuk kios-kios para pedagang tetapi berlaku juga untuk para masyarakat yang tinggal di area pasar. Ada sekitar 27 warga yang tinggal di area pasar dan rumah yang mereka tempati dibongkar.

“Untuk masyarakat yang rumah nya di gusur kami siapkan lahan untuk mereka tempati. Sebelum pembongkaran rumah warga dilakukan pihak kami pun sudah memberikan surat edaran. Bagaimana pun juga kan mereka warga Suka Makmur. Jadi masih kami pikirkan tempat tinggal untuk mereka,” tandas Maryono. [Mitha]