PedomanBengkulu.com, Seluma – Ketua KPU Seluma Sarjan Efendi mengatakan, pemilih wajib mempunyai KTP Elektronik atau Surat Keterangan (Suket) dari Dinas Dukcapil Seluma. Hal tersebut berlaku secara nasional, sehingga kepada masyarat agar mencermati data pemilih yang diumumkan oleh KPU di setiap tingkatannya.

“Kalau tidak ada keduanya maka tidak bisa memilih. Makanya kita harapkan kepada masyarat untuk berperan aktif,” kata Sarjan, Senin (30/07/2018).

Saat ini kata dia, Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Seluma masih melakukan tahapan perbaikan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Hasil pendataan petugas KPU di tingkat PPS dan PPK, jumlah Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) awal sebanyak 140.088.

“Saat ini sudah tahap DPSHP akhir, sedang perbaikan dalam beberapa hari ini,” jelasnya.

Dari DPSHP nantinya kata dia, akan diplenokan untuk ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT). Namun, jumlah DPS kemungkinan masih akan bertambah atau berkurang. Karena pemilih pemula kemungkinan banyak yang belum meliki E-KTP maupun surat keterangan dari dinas Dukcapil.

“Daftar itu masih ada kemungkinan berkurang atau bertambah,” ujarnya.

Sementara itu, di tingkat PPS masih melakukan pemutahiran data pemilih untuk kembali diplenokan. Setelah ditetapkan DPT, maka tidak akan ada lagi perbaikan data pemilih. [Sepriandi]