Lahan pendirian tempat pengolahan sampah di Pasar Kutau

BENGKULU SELATAN, PB – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan terus berupaya meningkatkan kenyamanan di Pasar. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan akan segera dibangunnya pengolahan sampah di Pasar Kutau.

Kasi Pengawasan Sampah dan Limbah Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bengkulu Selatan, Edi Hermanto menyampaikan Tempat pengolahan sampah nanti akan dilengkapi dengan mesin pencacah dan motor roda tiga untuk mengangkut sampah. Sampah yang bisa dikelolah, akan dijadikan pupuk kompos. Sedangkan yang tidak bisa diolah akan diangkut ke TPA.

Lebih lanjut Edi Hermanto menyampaikan pengelolaan sampah di Pasar Kutau nantinya akan dikelolah oleh masyarakat melalui Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM).

Pembangunan tempat pengolahan sampah di Pasar Kutau merupakan program pemerintah pusat melalui Satker PU Provinsi Bengkulu dengan dana Rp 500 jutaan.

“Dalam bulan ini akan mulai dikerjakan, saat ini tengah persiapan lahan. Lahan di dalam pasar kutau tempat los yang sudah dibersihkan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebelum pembangunan telah dilakukan sosialisasi ke pedangan oleh pihak dinas Perdagangan,” pungkas Edi Hermanto.

Diharapkan dengan dibangunnya tempat pengolahan sampah di Pasar Kutau ini, kebersihan pasar akan lebih baik. [Apdian Utama]