Para anggota KPU Kota Bengkulu saat ditemui di kantornya, Sabtu (7/7/2018).

BENGKULU, PB – Sejak dibukanya pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) tanggal 4 Juli lalu, sampai hari ini, Sabtu (7/7/2018) belum ada satupun Partai Politik (Parpol) yang mengajukan calonnya untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

“Kami sifatnya menunggu, karena yang mengajukan Bacaleg itu dari Parpol, jadi kami menunggu mereka,” ujar salah satu anggota Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kota Bengkulu Deby Hariyanto saat ditemui Pedoman Bengkulu di kantornya pagi tadi.

Terkait pendaftaran, KPU mempersilahkan kepada calon atau partai untuk melakukan pendaftaran pada rentang jadwal yang sudah di tentukan.

“Kami tidak menetukan jadwal, tapi kalau misalnya ada konfirmasi dari Parpol bahwa mereka meminta hari ini ataupun besok, ya kami akan terima sepanjang pada jadwal yang sudah ditentukan,” ungkap Deby.

KPU akan menerima pendaftaran setiap hari kerja sampai pukul 16.00 WIB, terkhusus hari terakhir, yaitu tanggal 17 Juli 2018, KPU membuka pendaftaran hingga pukul 24.00 WIB.

Dilanjutkan Deby, bahwa KPU akan melaksanakan seluruh proses sesuai peraturan yang berlaku, yakni Peraturan Komisi Pemiluhan Umum Nomor 20 Tahun 2018.

“Kami akan melakukan proses-proses sesuai dengan yang dipersyaratkan dalam PKPU tersebut,” imbuhnya.

Deby Hariyanto

Salah satu larangan bagi para calon yang perlu diketahui adalah larangan bagi mantan narapidana kasus korupsi, narkoba, dan kekerasan terhadap anak, serta kekerasan seksual. Syarat tersebut dimuat dalam formulir pendaftaran dan harus ditanda tangani oleh masing-masing parpol.

“Fakta integritas itu menjadi bagian dalam formulir yang harus diserahkan oleh masing-masing Partai Politik,” pungkas Deby. [Irwan Saputra]