BENGKULU UTARA, PB – Setelah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) menyetujui Raperda Limbah Domestik disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), diharapkan Pemerintah Daerah segera menyediakan mobil tinja disetiap kecamatan untuk mengangkut kotoran yang ada sehingga pengolahan limbahnya lebih tertata dengan baik.

Hal ini disampaikan Wahyudi Juru Bicara (Jubir) Fraksi Partai Nasdem dalam rapat pandangan fraksi yang di gelar di lantai 2 gedung DPRD BU, Senin (2/7/2018).

“Untuk menunjang pengelolaan limbah dibutuhkan sarana dan prasarana yang memadai termasuk juga dalam untuk mengelola limbah tinja, sangat dibutuhkannya pengadaan mobil tinja disetiap kecamatan,” ujar Wahyudi.

Ditambahkan Wahyudi jika hanya ada Perda tapi tidak ada sarana dan prasana sebagai penunjang terlaksananya Perda tersebut sama aja dengan omong kosong.

“Bupati diharapkan segera menerbitkan Perbup, agar Perda ini nantinya bisa langsung diimplementasikan ditengah masyarakat,” ungkap Wahyudi.

Pada kesempatan itu Wahyudi juga meminta Pemda untuk segera menyediakan Damkar untuk kecamatan Padang Jaya.

“Pengalaman dari beberapa kejadian kebakaran di wilayah Padang Jaya, yang mana kebakaran tidak mampu ditanggulangi maksimal oleh pihak damkar. Lantaran dua pos jaga Argamakmur dan Giri Mulya, berjarak cukup jauh untuk dapat menjangkau jika kejadian itu berada di Kecamatan Padang Jaya. Meski mobil damkar maupun petugas yang dikerahkan selalu standby merespon informasi dari masyarakat. Padang Jaya sudah wajib memiliki mobil damkar, faktornya adalah daerah itu merupakan wilayah padat penduduk,” kata Wahyudi. [Evi Kusnandar]