Sebanyak 450 mahasiswa Universitas Prof Dr Hazairin SH (Unihaz) Bengkulu mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2018 yang berlangsung di ruang Auditorium lantai 3 Kampus Unihaz Bengkulu, Kamis (5/7/2018).

Ketua LPPM Unihaz Bengkulu, Dr Dodo Sutardi MPdi saat ditemui pedomanbengkulu.com di ruang kerjanya mengatakan pembekalan ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa KKN Unihaz sebelum terjun ke masyarakat.

Dikatakanya 450 tersebut berasal dari berbagai fakultas di lingkungan Unihaz yang nantinya akan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) selama melaksanakan kegiatan KKN.

“Kegiatan KKN ini akan berlangsung lebih kurang 45 hari yaitu dari tanggal 17 Juli hingga 31 Agustus 2018,” tambahnya.

Ia menambahkan peserta KKN akan disebar di 43 titik di Kabupaten Seluma, Rejang Lebong, Bengkulu Utara, Bengkulu Selatan, Bengkulu Tengah, Kepahiang dan Kota Bengkulu.

Untuk acara pelepasan mahasiswa KKN Unihaz Bengkulu periode direncanakan pada tanggal 14 Juli 2018 di Halaman Kampus Unihaz Bengkulu.

“Dimana Desa Lubuk Ladung Kedurang Ilir Kabupaten Bengkulu Selatan merupakan daerah yang paling banyak ditempati oleh mahasiswa KKN tahun ini yaitu sebanyak 16 orang mahasiswa,” ungkapnya.

Adapun tema KKN tahun 2018 ini adalah ‘pemanfaatan potensi desa untuk kesejahteraan keluarga’.

Sementara itu, Ketua LPPM Unihaz Bengkulu juga mengatakan bahwa KKN merupakan mata kuliah wajib dengan bobot 4 SKS yang harus diikuti oleh mahasiswa Unihaz Bengkulu

Untuk itu ia berpesan kepada mahasiswa agar serius dalam mengikuti pembekalan ini dan juga harus mengetahui jadwal pembekalan yang akan dilaksanakan.

Dalam KKN tersebut nanti mahasiswa Unihaz Bengkulu dapat menerapkan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang sudah didapat dibangku perkuliahan di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat. [Nurhas Bunaida]