Sambang warga di Desa Kampung Jeruk.

PEDOMANBENGKULU.COM, Rejang Lebong – Peran serta masyarakat terhadap upaya pemberantasan dan pencegahan segala bentuk tindakan kriminal dinilai sangat penting. Atas kondisi itulah, Polres Rejang Lebong melalui Satuan Binmas rutin melaksanakan kegiatan Dialogis sambang Desa hingga ke pelosok daerah Kabupaten Rejang Lebong. Khususnya, daerah rawan kriminalitas.

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan. Secara bergilir. Kita mendatangi rumah rumah Warga untuk memberikan pengetahuan hukum secara singkat serta mensosialisasikan pentingnya peran Masyarakat untuk mencegah tindakan kriminalitas,” ujar Kapolres Rejang Lebong, AKBP Ordiva SIK melalui Kasat Binmas, AKP M Nurda’i SPd.

Seperti yang dilaksanakan Sat Binmas Polres Rejang Lebong pada Minggu (29/7/2.18), Kabag Ops Polres Rejang Lebong AKP Ariansyah SH, Kasat Binmas Polres Rejang Lebong, AKP Nurdai beserta sejumlah petugas Sat Binmas mendatangi dua lokasi sekaligus, yaitu Desa Kampung Jeruk Kecamatan Binduriang dan Desa Pelalo Kecanatan Sindang Kelingi.

Secara bergantian, Kabag Ops dan Kasat Binmas memberikan penjelasan kepada Warga untuk menumbuhkan kesadaran diri masing masing warga agar mau terlibat dalam upaya mencegah dan membasmi berbagai bentuk gangguan Kamtibmas di daerah masing-masing.

“Dengan pengetahuan yang sudah kita berikan, Warga diharapkan mampu untuk ikut serta menjaga Keamanan, ketertiban di lingkungan tempat tinggal mereka sendiri,” ujar Nurdai.

Selain itu, Warga juga diharapkan mampu untuk menularkan pengetahuan hukum yang sudah kita berikan kepada warga lain di sekitar tempat tinggalnya sehingga warga lain juga secara sadar ikut serta menjaga Kamtibmas di lingkungannya.

“Alhamdulilah, warga antusias menyambut serta mendengarkan penjelasan kita. Bahkan, tak jarang ada warga yang langsung menerapkannya di kehidupan sehari-hari,” tegas Nurdai. [Ifan Salianto]