Ilustrasi

SELUMA, PB – Tapal Batas (Tabat) antara Kabupaten Seluma dengan Kota Bengkulu dipastikan mengalami pergeseran, setelah kementrian dalam negeri melakukan revisi terhadap Permendagri no 52 tahun 2013 tentang tapal batas Seluma dengan Kota Bengkulu. Dengan menyesuaikan dengan PP No 46 tahun 1986 tentang Perubahan wilayah kotamadya Tk II.

“ini bersifat finalisasi saja dan memang ada pergeseran batas antara seluma dengan kota Bengkulu. Namun pembahasan ini mulai dilakukan tanggal 10 Juli ini di kementrian dalam negeri,” kata Kabag Administrasi pemerintahan Sekretariat Daerah Seluma, Nopetri Elmanto kepada wartawan, Rabu (04/07/2018).

Menurutnya, pergeseran ini terdapat di beberapa titik batas Seluma dengan Kota Bengkulu.

Termasuk perbatasan di kawasan bangkahan yang secara administrasi masuk di kabupaten Seluma. Namun khusus di RT 11 dan Rt 12 di bangkahan melakukan administrasi di kota Bengkulu.

Sehingga ini juga menjadi pembahasan mendatang di kementerian tersebut. namun sebaliknya yang sebelumnya masuk batas Kota bengkulu dengan revisi ini akan masuk ke Seluma.

“Ada beberapa titik dan finalisasi saja dengan harapan kedepannya tidak ada lagi permasalahan yang timbul,” tambahnya.

Sedangkan untuk batas antara Kabupaten Seluma dengan Kabupaten Bengkulu Selatan dalam pertemuan dengan kementrian juga akan di bahas. Pihak Pemda Seluma dan Provinsi Bengkulu beserta pemerintah Bengkulu Selatan juga akan ikut serta dalam pembahasan. Termasuk menelaah hasil dari tim yang sudah melakukan pengecekan kelapangan beberapa waktu lalu.

“Nanti itu juga akan dibahas, namun pemda Seluma tetap akan membawa berita acara dan dokumen konrit terkait wilayah kewedanaan Seluma. Intinya tetap akan mempertahankan wilayah yang ada,” tutupnya.

Tabat antara Kabupaten Seluma dan Bengkulu Selatan yaitu antara Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma dengan Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan. [Sepriandi]