PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Dilangsungkan selama dua hari sejak kemarin Selasa sampai hari ini, 28-29 Agustus 2018, Universitas Bengkulu melepaskan 1712 lulusannya dalam acara Wisuda Universitas Bengkulu yang dilangsungkan di Gedung Serba Guna Universitas Bengkulu, Rabu (29/8/2018).

Sesuai dengan Keputusan Rektor UNIB Nomor : 1859/UN30/HK/2018 tanggal 28 Agustus 2018, jumlah lulusan pada wisuda angkatan ke 85 Universitas Bengkulu kali ini berjumlah sebanyak 1.712 orang.

Dengan rincian, lulusan Program Pascasarjana S3 (Doktor) sebanyak 4 orang, Pascasarjana S2 (Magister) sebanyak 229 orang, Profesi 16 orang, Program Sarjana (S1) Reguler 1.022 orang, Sarjana (S1) Non Regular 63 orang, dan Program Vokasi/Diploma 378 orang.

Selasa kemarin, yang diwisuda berjumlah 935 orang dari empat fakultas yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 524 wisudawan, Fakultas Hukum 99 wisudawan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 264 wisudawan, dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) 48 wisudawan.

Sedangkan untuk hari ini, jumlah wisudawan sebanyak 777 orang yang terdiri dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebanyak 216 wisudawan, Fakultas Pertanian (FP) sebanyak 224 wisudawan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebanyak 283 wisudawan, serta Fakultas Teknik (FT) sebanyak 54 wisudawan.

Pada Wisuda Unib kali ini, predikat wisudawan ‘Dengan Pujian’ terbaik untuk Program Pascasarjana (S2) diraih oleh Vera Octalia, Prodi Agribisnis, Konsentrasi Manajemen Agribisnis, Fakultas Pertanian dengan IPK 4,00.

Untuk Program Sarjana (S1) Lulus ‘Dengan Pujian’ terbaik diraih oleh Khadijah Ayu Komala Devi, Prodi Administrasi Publik, FISIP, dengan IPK 3,96. Sedangkan untuk Program Vokasi/Diploma, yang meraih Lulus ‘Dengan Pujian’ terbaik adalah Sundari Mayang Albarusyi Sihaloho, Prodi Bahasa Inggris, FKIP, dengan IPK 3,97.

Untuk predikat ‘Lulusan Termuda’ Unib pada wisuda periode ini adalah Cici Minarti Sagala. Lahir di Jakarta, pada tanggal 20 Oktober 1998, saat ini berusia 19 tahun 10 bulan 9 hari, prodi Pendidikan Matematika, FKIP, dengan IPK 3,60. Putri pasangan suami istri Bontor Sagara dan Lenti Sitanggang.

Pada sambutannya, Rektor Universitas Bengkulu, Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc berharap kepada wisudawan segera merubah mainset untuk tidak berharap hanya kepada jabatan sebagai Pegawai Negri Sipil (PNS).

“Untuk adek-adek yang belum punya pekerjaan, kita harus bisa merubah mainset dari pola pikir harus menjadi PNS. Saat ini bangsa kita sangat memerlukan entrepreneur, karena untuk menjadi negara maju dan kuat setidaknya harus memiliki dua persen entrepreneur,” ucap Rektor.

Ditambahkan Rektor, memang memulai usaha atau entrepreneur itu berisiko, tapi tidak memulai usaha akan lebih berisiko.

“Dengan jiwa yang kuat, kreatif dan inovatif jadilah orang yang berani mencoba, dan generasi yang bisa menciptakan lapangan kerja,” tutup Rektor. [Deni Dwi Cahya]