Penyerahan dokumen persyaratan pendaftaran bakal caleg parpol ke KPU Bengkulu Utara.

PedomanBengkulu.Com, Bengkulu Utara – Sedikitnya 10 Bakal Calon Anggotal Legislatif (Bacaleg) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) dinyatakan gugur setelah sebelumnya diberikan KPU kesempatan untuk melengkapi dokumen persyaratan pendaftaran hingga Selasa (31/7/2018) pukul 24.00 WIB.

KPU sudah menyerahkan berita acara hasil verfikasi perbaikan dokumen persyaratan calon anggota DPRD BU. Ketua KPU Bengkulu Utara Roges Mawansyah SE ME, Selasa (7/8/2018) mengatakan, KPU sudah memberikan kesempatan kepada Balaceg yang belum lengkap persyaratannya mulai 21 Juli hingga 31 Juli 2018.

Namun, sedikitnya sepuluh Balaceg hingga hari terakhir untuk melengkapi syarat pendaftaran, tidak mengumpulkan kekurangan dokumen yang dipersyaratkan.

“Sepuluh Bacaleg itu berasal dari Perindo 3 orang, Partai Garuda 2 orang, Partai PKPI 2 orang, PKB 1 orang, Hanura 1 orang dan PSI 1 orang,” ujarnya.

Menurut dia, parpol sebelumnya memiliki kesempatan untuk melakukan pergantian Bacaleg, jika memang dokumen persyaratannya tidak lengkap. Namun, parpol tidak cukup waktu dalam mengganti Bacaleg yang tidak memenuhi syarat.

Ditambahkan Roges bahwa ada beberapa dokumen tidak dilampirkan oleh Bacaleg sedangkan hal tersebut merupakan dokumen yang wajib diserahkan antaranya legalisasi ijazah.

“Setelah proses verifikasi selesai, maka penetapan Daftar Caleg Sementara (DCS) akan ditetapkan antara tanggal 8-12 Agustus 2018,” jelasnya.

Ditambahkannya, dalam proses perbaikan dokumen persyaratan Balcaleg, diketahui ada sedikitnya 2 DPRD BU yang aktif mundur dari jabatannya karena pindah partai atas nama Parmin dan Joko Purnomo yang sebelumnya terpilih menjadi DPRD BU dari partai Gerindra sekarang pindah ke partai PDI P. [Evi Kusnandar]