Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Rejang Lebong, Taman.

PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Hingga pukul 21.00 WIB, Selasa (21/8), tercatat sebanyak 1307 hewan yang akan di kurbankan dalam pelaksanaan hari raya Idul Adha 1439 H. Rinciannya, 627 ekor sapi, 758 ekor kambing dan 22 ekor kerbau.

“Jumlah ini adalah jumlah sementara hasil pendataan dari bidang peternakan dan kesehatan hewan. Tidak menutup kemungkinan jumlah tersebut bertambah esok hari,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Rejang Lebong, Taman, Selasa (21/8/2018).

Dijelaskan Taman, jumlah hewan kurban tersebut tersebar di 15 Kecamatan yang ada di Rejang Lebong.

“Ada sejumlah petugas khusus yang kita turunkan ke lapangan untuk melakukan pendataan serta pemeriksaan hewan yang akan di kurban,” ujar Taman.

Selain itu, Taman menghimbau agar hewan kurban yang belum menjalani pemeriksaan kesehatan serta kriteria diminta agar sebelum disembelih segera diperiksakan kepada petugas yang sudah ditentukan atau dibawa ke Puskeswan terdekat di sekitar lingkungan tempat tinggal.

“Jika dinyatakan lolos oleh petugas kesehatan hewan, maka daging hewan tersebut akan sehat dikonsumsi Warga yang menerima kurban,” tegas Taman.

Sementara itu, pada Idul Adha 1439 H tahun 2018 ini, Bupati Rejang Lebong H A. Hijazi dan Pemerintah Daerah Rejang Lebong diketahui menkurbankan 19 ekor sapi yang nantinya dipotong disejumlah tempat.

Rinciannya, 1 ekor di Kecamatan Binduriang, 1 ekor di kecamatan Sindang Kelingi, 1 ekor di kecamatan Selupu Rejang, 1 ekor di Kecamatan Curup Kota, 1 ekor di Kantor Dinas Pendidikan Rejang Lebong dan 9 ekor di Kantor Pemda Rejang Lebong. [Ifan Salianto]