Saat masuk bulan Agustus, umumnya masyarakat Indonesia akan mulai mempersiapkan segala sesuatu untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Mulai dari membersihkan lingkungan, mengecat pagar hingga rapat untuk mempersiapkan acara seperti lomba dan karnaval.

Memang hal-hal seperti itulah yang membuat bulan Agustus ini lebih bermakna dan selalu tak terlupakan.

1. Merah putih ada di seluruh penjuru tempat
Saat sudah mendekati tanggal 17 Agustus, biasanya banyak tempat akan mulai dihiasi dengan bendera merah putih. Mulai dari pinggir jalan, tempat-tempat umum hingga rumah-rumah penduduk akan mulai dihiasi dengan atribut merah putih dan terkadang juga berwarna-warni. Para warga bekerja sama untuk menghias lingkungannya secantik mungkin dengan tujuan agar peringatan hari kemerdekaan bisa lebih meriah dan menarik perhatian warga.

2. Lomba-lomba Agustusan yang seru dan menghibur
Tradisi masyarakat Indonesia yang nggak kalah pentingnya untuk dilakukan saat memperingati hari kemerdekaan ialah melakukan lomba-lomba. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa biasanya ikut berpartisipasi dalam lomba-lomba tersebut.

3. Banyak penawaran diskon hari kemerdekaan di toko-toko
Umumnya banyak toko-toko di mall ,online akan membuat diskon besar-besaran dalam rangka memperingati hari ulang tahun Indonesia.

4. Menonton film-film bertema kemerdekaan di TV
Setelah melakukan upacara bendera, pasti menggunakan waktu libur hari kemerdekaan di rumah dengan menonton tv yang menayangkan film-film atau acara-acara khusus yang bertema kemerdekaan Indonesia dan cerita perjuangan para pahlawan.

Mey Borjun, Kontributor Pedoman Bengkulu