Pendap

Setiap daerah pasti memiliki keistimewaan dan keunikan tersendiri, begitu juga dengan Bengkulu. Bengkulu terletak di pesisir pulau Sumatera yang sangat terkenal dengan wisata pantainya. Jadi tidak heran jika makanan khasnya berbahan dasar ikan.

Tak hanya soal wisata, provinsi yang satu ini juga terkenal dengan kulinernya yang terkenal lezat. Nah, buat yang suka jalan-jalan, Bengkulu merupakan tempat wajib yang harus kalian kunjungi, mengapa? Karena Bengkulu menjanjikan makanan yang bikin ketagihan dan tentunya tidak ada ditempat lain.

Berikut beberapa uraian tentang kuliner khas Bengkulu yang paling terkenal:

1. Bagar hiu
Kuliner ini merupakan salah satu kuliner yang sangat terkenal di kota Bengkulu, jadi tak heran jika banyak wisatawan yang mencarinya. Bukan hanya karena bahan dasarnya yang langka, kuliner ini juga terkenal karena merupakan makanan favorit Ir. Soekarno ketika pengasingan. Jenis ikan hiu yang dipilih ialah ikan hiu punai dan ikan hiu tanduk, hal ini karena dagingnya tidak terlalu amis dibandingkan ikan hiu yang lain.
Ada yang unik dalam mengolah daging ikan hiu, yakni tidak diperlukannya santan kelapa. Bumbu yang dipakai untuk mengolah kuliner yang satu ini adalah bawang putih, bawang merah, daun jeruk, daun salam, kunyit, dan lengkuas serta perasan air asam jawa sebagai penikmatnya.

2. Pendap
Pendap yang dibuat dengan citarasa pedasnya sangat populer di Provinsi Bengkulu. Pendap sendiri merupakan kuliner berbahan dasar ikan yang dicampur dengan rempah-rempah tradisional yang kemudian dibungkus dengan daun talas. Makanan khas yang satu ini proses pembuatannya terbilang simple dan sederhana, yang membuatnya rumit ialah proses pengukusannya yang membutuhkan waktu lebih kurang delapan jam.

3. Lema
Lema merupakan hasil fermentasi dari rebung (bambu muda) yang dicincang yang kemudian dicampur dengan ikan air tawar. Kuliner asal daerah rejang inimemiliki keasaman dan aroma yang cukup kuat. Cara pengolahannya ialah, campurkan ikan dan rebung lalu diaduk hingga menjadi adonan. Setelah itu, adonan kuliner ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang lalu dibiarkan selama kurang lebih 3 hari untuk difermentasikan.

Setelah difermentasikan, adonan lema siap dimasak menjadi santapan yang lezat. Cara memasaknya pun mudah, cukup gunakan bawang putih, bawang merah, kunyit, dan cabe giling yang telah ditumis, kemudian masukkan lema kedalam tumisan tersebut.Dan akhirnya lema siap dijadikan sebagai lauk bersamaan dengan nasi dan lalapan.

4. Gulai kemba’ang
Gulai kemba’ang adalah kuliner khas Bengkulu yang terbuat dari bahan baku iga sapi yang kemudian diolah dengan rempah-rempah pilihan asli nusantara. Kuliner yang satu ini sangat lezat dan enak karena bumbunya yang pekat dan rasanya yang gurih. Tak jarang kuliner satu ini diburuh oleh para wisatawan dari berbagai daerah.
Kuliner ini biasa dihidangkan ketika berbuka puasa oleh warga Bengkulu atau orang-orang yang meminatinya.

5. Rebung asam undak liling
Rebung Asam Undak Liling adalah salah satu makanan unik dan menarik yang terbuat dari rebung (tunas bambu muda) yang masih lunak. Rebung diiris tipis-tipis memanjang lalu direndam beberapa hari di dalam wadah dengan air yang tak terlalu banyak. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan tekstur rebung yang lembut dan rasa keasaman yang pas.

Rebung asam sangat cocok dipaduhkan dengan liling. Liling itu sendiri adalah siput sawah yang memiliki cangkang berwarna hitam. Sebelum masak liling harus benar-benar dibersihkan agar kotoran yang ada didalam cangkangnya hilang. Selain itu, bagian belakang liling juga harus dipotong agar mudah mengambil isinya ketika hendak dimakan.

Resmi Hartati, Komunitas Menulis Bengkulu