Mie Aceh

Mie merupakan makanan yang sangat digemari masyarakat di berbagai belahan bumi tidak terkecuali di Indonesia. Hal ini karena cita rasa dari bumbu khas nusantara dan tekstur yang lembut dan kenyal sangat menggoyang lidah sangat di makan. Mie diduga berasal dari bangsa Tiongkok yang kemudian di perkenalkan ke masyarakat Indonesia ratusan tahun yang lalu. Dengan seiring berjalannya waktu mie makin berkembang dan tidak hanya memiliki satu rasa tetapi bermacam varian seperti masyarakat Aceh yang membuat Mie Aceh.

Adapun beberapa jenis masakan dari olahan mie yang terkenal di negara kita antara lain:

1. Mie Aceh
Dari namanya kita sudah bisa menduga kalo mie ini berasal dari Aceh. Aceh memang terkenal karena makanannya yang enak. Mie aceh bentuknya lebih besar dan lebih kenyal dengan bumbu yang kaya rempah khas Aceh. Mie aceh ada dua jenis yaitu goreng dan kuah. Bahan-bahan utama dari mie aceh ini yaitu mie, rempah-rempah seperti kaldu, daging, di tambah dengan seledri, daun bawang, bawah merah dan jika ingin lebih nikmat lagi boleh di tambahkan dengan kerupuk emping, uhhh sangat menggoda selera yaaa, apalagi dimakan saat hujan turun, bisa menambah cita rasa tersendiri bagi penikmatnya.

2. Mie Celor
Mie celor merupakan olahan mie yang juga enak dan menggoda selera. Mie celor berasal dari Palembang. Ukuran mienya lebih besar daripada ukuran mie biasa sehingga makan mie celor ini bisa membuat kenyang. Mie celor gampang dikenali dari kuahnya yang kental dan wangi.

3. Mie Kocok
Mie kocok ialah hidangan mie yang berasal dari kota Bandung, Jawa Barat, dengan cita rasa yang sangat menggugah selera makan kita. Mie kocok ini terbuat dari mie kuning basah yang ditambah dengan kaldu sapi yang kental dan ditambah dengan irisan kikil. Mie kocok dilengkapi dengan bakso urat diatasnya dan taburan bawang goreng, sedikit seledri dan daun bawang. Emmmm rasa yang tercipta dari semua bahan yang tercampur tersebut sangat nikmat, apalagi dimakan saat hujan turun dan bersama dengan seseorang, pasti tambah berasa deh.

4. Mie Koclok
Mie koclok atau sering disebut juga dengan nama sup mie ini berasal dari kota Cirebon, Jawa Barat. Mie koclok ini berbeda loh dengan mie kocok. Banyak orang menyamakan mie koclok dengan mie kocok. Mie koclok ini sendiri terrdiri dari mie kuning yang dicampur dengan potongan kol, ayam suwir-suwir, irisan telur dan ditambah dengan sedikit tauge. Dengan tuangan kuah di atasnya. Santan ini terbuat dari santal kental dan bubur beras sehingga kuah berwarna putih dengan rasa gurih serta di tambah dengan sedikit dengan tepung maizena sebagai pengental kuahnya.

5. Mie Tek Tek
Mie tek tek atau yang disebut juga dengan nama mie jawa adalah mie yang berasal dari jawa. Biasanya mie tek tek dijual hanya pada malam hari dan sangat jarang dijual siang hari. Disebut mie tek tek karena penjual mie ini biasanya memukul-mukulkan besi kecil ke panci tempat memasak mie hingga mengeluarkan bunyi tek-tek-tek. Salah satu kelebihan mie tek tek adalah harganya yang lebih murah dibandingkan mie lainnya namun rasanya tetap enak.

Kiki Restu Wilujeng, Komunitas Menulis Bengkulu