PedomanBengkulu.com, Seluma – Hingga batas akhir Pukul 00.00 WIB Rabu dini hari (01/08/2018) Puluhan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari lima partai politik (Parpol) masih belum melengkapi berkas. Sehingga dipastikan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Parpol yang masih ada Bacaleg belum melengkapi berkas yaitu dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Bulan Bintang (PBB), Berkarya dan Partai Garuda.

“Besok kita akan mulai melakukan verifikasi dokumen perbaikan yang akan disampaikan selama Tujuh hari kedepan, ” kata Ketua KPU Seluma, Sarjan Efendi.

Sarjan mengatakan, lima parpol yang Bacalegnya belum lengkap persyaratannya untuk sementara di tetapkan sebagai TMS. Hal ini dilakukan mengingat beberapa Bacaleg di masing-masing dapil banyak belum melengkapi keseluruhan berkas yang di butuhkan. Seperti pada Parpol PSI, dari empat Dapil hanya tiga orang Bacaleg di Dapil 4 yang melengkapi berkas.

Disampaikan juga oleh Sarjan, untuk Bacaleg PPP Dapil 2 nomor urut 7 atas nama Joherwan ditemukan ijazah belum dilegalisir. Sedangkan Dapil 3 nomor urut 1 atas nama Suhandi tidak melengkapi berkas. Nomor urut 5 atas nama Mini Hertiwi diganti dengan Kusilawati. Serta pada dapil 4 nomor urut 1 Samsu Hardi di temukan Ijazah belum dilegalisir bagian belakang. Sedangkan nomor urut 2 Gustian Aidi, ijazah belum dilegalisir.

“Ada juga Bacaleg berubah nomor urut serta melakukan pergantian Bacaleg. Namun secara keseluruhan masih akan dilakukan verifikasi dokumen perubahan,”jelasnya.

Setelah dilaksanakannya perbaikan dan kelengkapan berkas Bacaleg tambah dia, akan dilanjutkan dengan verifikasi berkas perbaikan persyaratan Bacaleg tersebut. Sedangkan rangkaiannya, mulai tanggal 8-12 Agustus akan dilakukan penyusunan Daftar Calon Sementara (DCS). Sedangkan pengumuman DCS ini akan dilakukan pada 12-14 Agustus mendatang. [Sepriandi]