PedomanBengkulu.com, Seluma – Akibat hujan lebat yang terjadi di wilayah Kabupaten Seluma, menyebabkan puluhan rumah di lima Desa Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) terrendam banjir, sekira pukul 22.00 WIB, Selasa (28/08/2018).

Informasi didapat, banjir merendam rumah di lima desa yaitu,Desa Muara Maras. Desa Serian Bandung. Desa Talang Alai. Desa Talang Kemang dan Desa Jambat Akar. Sekira pukul 01.00 WIB Rabu (29/08/2018) ketinggian air mencapai 70 hingga 90 cm. Sekira pukul 09.40 WIB pagi, ketinggian air telah surut sekitar setinggi 30 hingga 40 cm.

Kapolres Seluma AKBP Jeki Rahmat Mustika melalui Kapolsek SAM Iptu Sukari mengatakan, pihaknya masih mendata jumlah rumah yang terrendam banjir, dan masih berada di lapangan untuk melihat kondisi debit air jika kembali turun hujan.

“Penyebab banjir diduga karena pelurusan sungai di desa talang kemang terganggu, ada masyarakat yang tidak mau menghibahkan lahan akibatnya air meluap hingga ke desa-desa,” jelasnya.

Hingga berita ini diunggah, debit air masih tinggi. Jika hujan kembali turun, banjir kembali akan menggenangi rumah warga. [Sepriandi]