Sekretaris Daerah Seluma, Irihadi

PedomanBengkulu.com, Seluma – Tapal Batas (Tabat) antara Kabupaten Seluma dengan Kabupaten Bengkulu Selatan akan diputuskan besok, Jumat (03/08/2018).

Setelah melewati beberapa tahapan, dan belum adanya kesepakatan antara kedua belah pihak, sehingga pemerintah pusat mengambil alih dan akan menetapkan batas kedua kabupaten ini.

“Besok kita akan rapat dan mengetahui apa yang ditetapkan oleh pemerintah pusat,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Seluma, Irihadi kepada wartawan, Kamis (02/08/2018).

Dia mengatakan, pihak Kemendagri memutuskan mengambil sikap karena antara kedua belah pihak belum ada kesepakatan. Sehingga, perwakilan masing-masing Kabupaten diundang ke Kemendagri untuk menemukan hasil yang akan diputuskan oleh pemerintah pusat.

“Pemerintah pusat akan menentukan batas, itu memang wewenang mereka,” jelasnya.

Meskipun Pemkab Seluma pernah memenangkan gugatan Pemkab Bengkulu Selatan terhadap tabat tersebut, namun Permendagri belum dikeluarkan.

Dimasa Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menjabat Wakil Bupati Bengkulu Selatan, gugatan batas Kabupaten oleh pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan ditolak. Dan dikembalikan pada wilayah kewedanaan. Namun, gejolak muncul pada 2017 lalu, sehingga sengketa tabat kembali terulang. [Sepriandi]