Pimpinan Teknis Kegiatan (PPTK) Dana Desa (DD), Badan Keuangan Daerah (BKD) Kaur, Adi Gusman Jaya

PedomanBengkulu.com, Kaur – Realisasi Dana Desa (DD) Kabupaten Kaur 2018 telah Mencapai 60 persen. Pada tahap I sebesar 20 persen dan tahap II 40 persen. Untuk saat ini menunggu pencairan tahap III sebesar 40 persen.

Total dana desa di Kaur 2018 sebesar Rp 129,967 miliar dan untuk pencairan tahap III sebesar Rp 51,986 miliar.

Dari 192 Desa di Kaur, saat ini sudah 95 persen desa menyelesaikan serapan anggaran Dana Desa (DD) tahap I dan tahap II.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kaur, Lawi Amru melalui Pejabat Pimpinan Teknis Kegiatan (PPTK) Dana Desa (DD), Adi Gusman Jaya, mengatakan bila setiap desa telah menyelesaikan pembangunan fisik dan non fisik minimal 50-75 persen maka sudah bisa mencairkan dana desa tahap III yang jumlahnya sebesar 40 persen.

“Pencairan bisa dilakukan juga apabila dari 192 desa di Kaur ini rata-rata sudah menyelesaikan pembangunan fisik 50 persen,” ujar Adi.

“Tapi melihat situasi di lapangan sekarang serapan tahap I dan tahap II mayoritas desa sudah clear, berarti desa sudah bisa untuk mengajukan pencairan tahap III sebesar 40 persen terakhir,” jelasnya.

“Saat ini tinggal desa yang mengajukan, mudah-mudahan di akhir Agustus atau awal September Dana Desa (DD) bisa dicairkan,” katanya. [Feri]