Rapat Paripurna DPRD Kota Bengkulu, Rabu (1/8/2018)

PedomanBengkulu.Com, Bengkulu — Setelah rapat pleno Penetapan Walikota dan Wakil Walikota Priode 2018-2023 yang di gelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu, Kamis (26/7) lalu.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu menggelar rapat paripurna istimewa dengan mengusung agenda penetapan pemenang Pemilihan Walikota dan Wakil Wakil Walikota (Pilwakot) 27 juni lalu, di Gedung DPRD Kota Bengkulu, Rabu (1/8).

Hasil rapat paripurna tersebut menetapkan Helmi Hasan dan Dedy Wahyudi sebagai Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu tahun 2018 berdasarkan perolehan suara sebanyak 44,449 atau 33.32 persen suara sah dan setelah diplenokan oleh KPU pada tanggal 26 juli 2018.

Wakil Ketua II DPRD Kota Bengkulu, Teuku Zulkarnain memaparkan, paripurna pengumuman wali kota terpilih oleh DPRD tersebut telah diatur dalam undang-undang yang memang pengumuman pemenang Pilwakot harus dilakukan setelah keputusan dari KPU.

“Pengumuman tersebut berfungsi agar mengetahui dan di tindaklanjuti dorongan untuk mempercepat pelantikan agar tidak tidak ada halangan atau hambatan untuk melakukan pelantikan,” ujar Teuku.

Waka II DPRD Kota Bengkulu, Teuku Zulkarnain

Dijelaskan Teuku, setelah paripurna, DPRD kota akan menyurati Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui gubernur Bengkulu agar mempercepat pengeluaran Surat Keputusan (SK).

“Pelantikan nanti akan serentak pada pertama awal bulan september, dilaksanakan provinsi saja di balai semarak dan langsung dilantik oleh gubernur,” tandas Teuku. [Yoma]