Sedikitnya pengetahuan dan wawasan tentang pemasaran secara online dan manajemen keuangan diduga menjadi salah satu kendala utama kurang berkembangnya sektor usaha mikro, kecil dan menengah di Bengkulu.

Karenanya, upaya pendampingan dan pembinaan masyarakat oleh Astra Internasional lewat program “Kampung Berseri Astra“ di Kelurahan Lempuing, Kecamatan Ratu Agung, Kota Bengkulu yang digawangi oleh Suwanto sebagai Koordinator Wilayah Astra ini dengan menggelar pelatihan UMKM.

Pelatihan bertajuk “Pemasaran Online dan Manajemen Keuangan” ini ditujukan kepada mitra binaan KBA Lempuing diisi oleh Pemateri sekaligus Trainer Kondang di Bengkulu ustaz S. Gunawan. Program ini ke depan akan berkelanjutan dan terencana, memberikan pendampingan dan pembinaan kepada mitra binaan Astra.

“Selain mendapatkan ilmu baru, mereka juga berkesempatan untuk membangun jaringan usaha. Diharapkan nantinya usaha mereka dapat berkembang dan sukses,” ujar Rahma yang mengelola usaha Lempuk durian di Lempuing.

Di kegiatan ini, para binaan KBA Lempuing mendapatkan motivasi serta pemberian tips dan teknik untuk mengembangkan produk UMKM serta materi pembukuan keuangan sederhana oleh F. Ishak.

Ditambah bagaimana peserta belajar memasarkan produk mereka secara online yang dipandu oleh Aswin Falahudin yang sudah malang melintang dalam usaha peronlinean.

Ditutup oleh Acep Owner Perusahaan Rumah Kemasan Bengkulu yang siap membantu para peserta dalam mendisain dan mengemas kemasan produk-produk mereka ke pasaran dengan lebih menarik dan elegan.

Sekitar 25 peserta yang hadir terdiri dari Bapak dan Ibu-Ibu yang berada di Wilayah KBA Astra Lempuing dimana sebagian sudah dan akan bergabung dalam dunia wirausaha. [Nurhas Bunaida]