Sejak tahun 2010 pemerintah sudah mencanangkan program “Go Organik” dengan harapan supaya masyarakat Indonesia dapat memiliki kualitas hidup yang lebih sehat.

Kesehatan kita sangat terkait dengan apa yang kita konsumsi karena sebagian besar penyakit berasal dari makanan kita. Oleh karena kunci untuk menjaga kesehatan adalah dengan hanya mengkonsumsi makanan yang sehat yang salah satunya berasal dari produk organic.

Berikut empat kelebihan mengkonsumi produk makanan organic bagi kesehatan kita:

1. Mencegah penyakit mematikan
Hal paling penting dari manfaat konsumsi produk organic adalah dapat menghindari kita dari berbagai penyakit mematikan seperti kanker, diabetes dan darah tinggi. Penyakit tersebut utamanya berasal dari makanan yang mengandung residu (sisa) pestisida yang kemudian kita makan. Residu pestisida pada produk pertanian sangat sulit dihilangkan karena kebanyakan formula pestisida mengandung zat perekat yang membuat pestisida menempel kuat pada buah atau sayur yang kita makan.

Hampir semua pestisida kimia bersifat karsinogenetik atau dapat menyebabkan kanker. Walaupun ini sangat berbahaya tetapi hal ini jarang disadari oleh masyarakat. Misalnya masyarakat lebih memilih buah atau sayur yang mulus, berkilau dan murah. Lihatlah angka pasien kanker yang semakin lama semakin meningkat. Hal ini diyakini ada hubungannya dengan tingkat konsumsi produk pertanian yang tercemar pestisida kimia.

2. Lebih sehat
Makanan organic bebas dari residu dan polusi bahan kimia sintetis yang berbahaya bagi kesehatan. Karena produk organic tidak menggunakan pestisida atau insektisida kimia sintetis. oleh karena itu produk organic lebih aman dikonsumsi tanpa perlu khawatir terhadap dampat negatif terhadap kesehatan kita.

3. Lebih bergizi
Makanan organic juga mengandung gizi yang lebih banyak dibanding makanan konvensional (bukan organic). Hal ini karena, tanaman organic hanya menggunakan pupuk alami yang mengandung hara (makanan bagi tanaman) yang sangat lengkap yang dibutuhkan oleh tanaman.

4. Lebih enak
Tentu saja produk organic memiliki rasa yang lebih enak. Produk tanaman akan terasa lebih manis, lebih wangi dan lebih renyah. Hal ini karena perbedaan unsur hara yang diterima oleh tanaman. Penggunaan pupuk kimia seperti urea memang bisa meningkatkan kuantitas produksi namun berakibat pada berkurangnya kualitas produk tanaman salah satunya adalah rasa.

Selain itu rasa yang lebih enak pada produk organic karena tanaman organic ditanam dengan benih lokal yang memiliki aroma dan rasa yang lebih enak. Misalnya beras organic biasanya ditanam dengan benih padi aromatic.

Ihsan Joy, Komunitas Menulis Bengkulu