Ilustrasi hiasan tumpeng.

Makanan atau kuliner khas 17 Agustusan sudah pasti istimewa. Terlebih hidangan ini disajikan bagi para perserta dan tamu undangan dalam rangka menyemarakkan Hari Kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus.

Makanan khas yang bertema merah putih ini mungkin ada yang sudah kenal namun ada juga makanan yang bisa jadi belum di ketahui kebanyakan orang. Apa saja daftarnya?

1. Telok Pindang
Telok pindang adalah telur rebus dengan cara dipindang. Telok pindang sangat lekat dengan kuliner Pindang Musi Rawas di Palembang. Telok pindang direbus dengan air yang sudah tercampur asam.

2. Ketan Sumpit
Ketan sumpit adalah makanan sejenis lemper yang dijepit dengan sebuah sumpit. Ketan sumpit merupakan makanan pendamping yang bisa sama sama dinikmati dengan telok pindang, telok ukan atau telok abang.

3. Telok Ukan
Telok ukan adalah telor yang isinya merupakan campuran kocokan telur, santan dan bumbu rempah lainnya kemudian dimasukkan kembali ke dalam cangkang telur lalu kemudian kukus sampai masak.

4. Telok Abang
Telok abang adalah telur rebus berwarna merah yang berasal dari Palembang. Telok abang selalu disajikan khusus pada hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus.Telok abang biasanya menggunakan telur bebek.

5. Nasi Tumpeng
Nasi tumpeng adalah nasi kuning yang disajikan dengan bentuk kerucut di dalam sebuah tampah atau nampan. Kemudian di sekelilingnya dilengkapi dengan lauk pauk seperti kering tempe, suwiran ayam, sambal goreng kentang, telur dadar yang sudah dipotong-potong kecil, perkedel hingga potongan kecil ayam goreng.

Nasi tumpeng biasanya disajikan sebagai ungkapan rasa syukur dalam rangka ulang tahun. Biasanya nasi tumpeng juga dijadikan sebuah lomba dalam perayaan kemerdekaan pada setiap tanggal 17 Agustus. [Mey Borjun]