Setelah dipastikan meraih poin terakhir, poin yang memastikannya mendapat medali emas Asian Games 2018, Jonatan Christie langsung membuka baju dan memperlihatkan tubuhnya yang atletis. Seketika juga penonton – terutama yang wanita – histeris melihat tubuh bugar atlet kelahiran Jakarta tersebut. Jika Anda ingin sepertinya, ada nutrisi yang harus dipenuhi.

Atlet yang akrab disapa Jojo tersebut berhasil mendapatkan medali emas dengan mengalahkan Chou Tien Chen (Taiwan) dalam pertandingan ketat tiga gim dengan skor 21-18, 20-22, 21-15. Sebagai bentuk perayaan, dia langsung membuka bajunya dan memperlihatkan tubuhnya yang bertotot. Dia tampak lega setelah menjalani laga selama 1 jam 13 menit.

Tubuh yang bugar seperti Jonatan Christie tidak didapat secara instan. Bahkan, sejak kecil, dia dikabarkan sudah mendapat asupan nutrisi bagus yang diusahakan oleh sang ayah. Setiap makanan yang masuk selalu diperhatikan oleh sang ayah yang memang menginginkannya menjadi atlet kelas dunia.

Nutrisi memang sangat perlu diperhatikan jika menginginkan bentuk tubuh yang bugar. Dengan memperhatikan setiap kandungan nutrisi, maka tubuh mendapatkan asupan yang terjaga kualitasnya.

Melansir KlikDokter, di samping untuk menjaga kesehatan dan memelihara status gizi serta kebugaran, pengaturan nutrisi berguna supaya seseorang dapat mencapai bentuk tubuh spesifik. Untuk hal ini, nutrisi harus terpenuhi dengan sangat baik.

Berikut ini jenis nutrisi yang harus benar-benar diperhatikan, jika menginginkan tubuh seperti Jonatan Christie:

1. Karbohidrat
Karbohidrat berperan penting sebagai sumber tenaga tubuh manusia. Karbohidrat setidaknya mencapai 45-65 persen dari total kalori harian. Karbohidrat banyak didapatkan dari gandum, nasi, serta beberapa jenis sayur dan buah.

2. Protein
Protein merupakan jenis nutrisi yang sangat penting untuk membangun struktur tubuh. Tidak hanya otot, setiap sel mulai dari tulang, kulit, hingga rambut mengandung protein. Selain untuk pembentuk struktur tubuh, protein juga berfungsi untuk membentuk antibodi sebagai sistem pertahanan tubuh terhadap kuman penyakit. Protein bisa didapatkan dari daging, telur, susu, dan kacang-kacangan.

3. Lemak
Lemak ternyata sangat diperlukan tubuh untuk melarutkan vitamin dan mineral. Selain itu, lemak berperan dalam pembentukan dinding sel dan berfungsi untuk otak. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa asupan lemak yang baik atau lemak tidak jenuh (seperti omega-3 dan omega-6) harus lebih banyak dibandingkan dengan lemak jenuh.

4. Vitamin
Vitamin yang merupakan mikronutrien juga diperlukan tubuh. Terdapat 13 vitamin esensial yang diperlukan tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Setiap vitamin memiliki peran masing-masing. Sumber vitamin terbanyak ada pada sayur dan buah-buahan.

5. Mineral
Sama seperti vitamin, mineral merupakan mikronutrien yang sangat penting. Contoh dari mineral adalah kalsium, besi, dan zink. Selain berfungsi untuk kepadatan tulang, kalsium juga berfungsi untuk mengontrol tekanan arah dan kontraksi otot.

Selain lima nutrisi di atas yang harus dipenuhi, asupan air juga perlu diperhatikan. Tubuh manusia 60 persennya adalah air. Air dapat membantu pembagian nutrisi ke sel-sel di seluruh tubuh.

Jika ingin tubuh bugar seperti Jonatan Christie, jangan lupa perhatikan asupan nutrisi seperti yang dijelaskan di atas. Akan tetapi, harus diingat juga, nutrisi sudah lengkap tidak akan berguna jika tidak berolahraga secara rutin. Jika keduanya bisa berjalan beriringan, tentu bisa mendapatkan tubuh yang bugar. [Ivana]