Kepala Sub divre Bulog Rejang Lebong, Rudi Adlyn Damanik

PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Perum Bulog Sub Divre Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu terus melakukan berbagai inovasi guna mengembangkan program ‘Rumah Pakan Kita’ (RPK) sekaligus memasarkan sejumlah produg unggulan Perum Bulog. Teranyar, Bulog Sub Divre Rejang Lebong melakukan MoU dengan Managemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk membangun RPK tingkat Desa.

“BUMDes yang sudah melakukan MoU dengan kita akan melakukan pengolahan RPK. Melalui RPK itu, BUMDes memasarkan sejumlah produk Bulog berupa kebutuhan pokok pangan Masyarakat. Seperti, Beras medium, beras premium, gula, minyak goreng hingga daging beku impor yang sekarang tengah gencar kita pasarkan kepada Masyarakat,” ujar Kepala Sub divre Bulog Rejang Lebong, Rudi Adlyn Damanik saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (30/8).

Dijelaskan Rudi, kendati bentuk inovsasi ini terbilang baru digarap oleh Bulog Sub Divre Rejang Lebong, namun antusias Desa – Desa yang ada di tiga Kabupaten naungan Bulog Sub Divre Rejang Lebong terbilang tinggi.

“Mulanya, hanya 5 BUMDes di kabupaten Kepahiang yang melakukan MoU dengan Kita. Setelah berjalan sebulan, ternyata hasil perputaran RPK yang dikelola oleh 5 BUMDes tersebut sangat cepat. Hanya dalam kurun waktu seminggu, bahan pokok yang dibeli dari Bulog habis terjual dan kembali minta pasokan kepada Kita. Kondisi inilah yang akhirnya memicu BUMDes lainnya untuk ikut melakukan MoU dengan Tempo sebulan saja, sudah ada 25 BUMDes yang melakukan MoU dengan Kita,” jelas Rudi.

Dilanjutkan Rudi, 25 BUMDes yang sudah melakukan MoU dengan Bulog berasal dari Kabupaten Kepahiang. Sementara, untuk Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Lebong sedang dalam taraf penjajakan dan sosialisasi oleh Bulog Sub Divre Rejang Lebong.

“Alhamdulilah, se Provinsi Bengkulu baru sub divre kita yang melakukan inovasi ini. Ini juga sebagai salah satu langkah pelaksanaan Gerakan Stabilitas Harga Pangan,” tegas Rudi. [Ifan Salianto]