PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Masjid Al Muhajirin komplek BTN Air Bang Kelurahan Air Bank Kecamatan Curup Tengah belakangan dinilai sebagai Masjid terbaik dalam penerapan Higienis Sanitasi dalam penanganan daging Hewan Qurban saat pemotongan hewan Qurban perayaan hari raya Idul Adha 1439 Hijriah di Kabupaten Rejang Lebong.

“Dari sejumlah lokasi pemotongan hewan qurban yang masuk dalam pantauan kita, penanganan daging hewan qurban yang paling higienis yaitu di Masjid Muhajirin Kompleks BTN Air Bang. Mulai dari memotong, memilah daging hingga membagikan daging kepada Warga penerima. Termasuk penggunaan kantong plastik untuk membagikan daging semunya higienis,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Rejang Lebong, Taman Sp didampingi Kepala Puskeswan Curup, Drh Firi Hasdianto, Kamis (24/8).

Dijelaskan Firi, pemantauan dilakukan secara acak di sejumlah lokasi pemotongan hewan qurban. Selain melakukan penilaian, tujuan pemantauan juga dilakukan tidak lain untuk melakukan sosialisasi kepada Warga agar mulai membiasakan diri memegang teguh kebersihan saat memotong hewan hingga menangani daging hewan pasca di potong.

“Misalnya, daging yang sudah di potong potong tidak diperbolehkan diletakkan di atas lantai tanpa alas, sebaiknya daging yang sudah di pilah sebaiknya diletakkan di suatu wadah. Contoh lainnya, pengelola daging juga tidak boleh menggunakan kantong plastik hitam sebagai wadah untuk daging yang sudah dipilah dan akan dibagikan kepada Warga,” ujar Firi.

Dilain sisi, Firi juga menjelaskan, pemantauan penanganan hewan qurban ini dilakukan oleh tim gabungan yang berasal dari Dinas Pertanian dan Peternakan Rejang Lebong, Petugas Puskeswan, petugas Rumah Potong Hewan (RPH) serta sejumlah petugas peternakan yang ada di kecamatan – kecamatan.

“Untuk pendataan jumlah hewan qurban serta pemeriksaan kesehatan hewan qurban sebelum di potong dilakukan secara merata di seluruh desa dan kelurahan yang ada di 15 Kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong,” tegas Firi.

Sementara itu, bersumber dari Dinas Pertanian dan Peternakan Rejang Lebong, hingga pukul 20.00 WIB, Rabu (22/8) terdata jika jumalh hewan qurban yang dipotong pada perayaan Idul Adha 1439 Hijriah tahun 2018 yaitu sebanyak 1911 ekor. Rinciannya, 762 ekor sapi, 22 ekor kerbau dan 1127 ekor Kambing. [Ifan Salianto]