Reses atau jaring aspirasi masayarakat anggota DPRD Bengkulu Utara Harmedi Rian di Aula Kantor Kecamatan Hulu Palik, Jumat (3/8/2018).

PedomanBengkulu.com, Bengkulu Utara – Anggota DPRD Kabupaten Bengkulu Utara Harmedi Rian menggelar reses atau jaring aspirasi masayarakat di Aula Kantor Kecamatan Hulu Palik. Ketua PKPI Provinsi Bengkulu tersebut melakukan reses didampingi Kabid Bina Marga Dinas PUPR BU Afrizal, Jumat (3/8/2018).

Dia menyebutkan, sejumlah keluhan masyarakat yang berhasil dihimpun diantaranya, rusaknya jalan-jalan lingkungan di pedesaan. Begitu juga infrastruktur lainnya seperti gorong-gorong, drainase dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).

“Usulan terkait usaha peningkatan pendapatan keluarga akan segera dikoordinasikan dengan pihak dinas Koperasi, semoga akan segera direalisasikan,” ujar Medi.

Keluhan lainnya, kata dia, yakni adanya permohonan bantuan berupa alat-alat pertanian bagi kelompok-kelompok tani seperti traktor, mesin panen, pupuk dan bibit pertanian atau perkebunan. Jalan usaha Tani (JUT) yang belum memadai sehingga menyulitkan petani dalam membawa hasil pertaniannya serta keluhan tentang sering padamnya listrik yang tidak beraturan.

“Untuk kelompok masyarakat seperti ibu-ibu pengajian, majelis-majelis taklim dan TPA membutuhkan tenda-tenda terowongan dan kursi-kursi plastik, pengeras suara, alat-alat kesenian, alat–alat olahraga dan buku-buku yang berkaitan dengan pendidikan. Termasuk alquran, iqra, barzanji, yasin, tahlil serta buku-buku khutbah Jumat,” ungkapnya.

Politikus yang akan maju ke DPRD Provinsi Bengkulu ini mengatakan, tidak semua aspirasi masyarakat dapat diakomodir. Untungnya, kata dia, Pemerintah Daerah dibantu dengan adanya program dana desa yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat.

“Menurut pantauan kami, dengan adanya program pemerintah menyangkut Dana Desa sangat terasa sekali manfaatnya. Karena banyak hal-hal yang kadang-kadang dikeluhkan oleh masyarakat hari ini banyak sudah teratasi dengan Dana Desa,” ujarnya.

Seluruh aspirasi masyarakat, kata Harmedi Rian akan diteruskan kepada pemerintah daerah untuk ditindaklanjuti. [Evi Kusnandar/Adv]

Peserta saat mengisi buku daftar hadir.
Acara berlangsung dengan khidmat.
Berbagai aspirasi disampaikan dalam reses ini.
Peserta tampak antusias mengikuti reses ini.