PedomanBengkulu.com, Seluma – Warga Kabupaten Seluma diminta berhati-hati dalam menghadapi modus penipuan baru, Pasalnya terdapat oknum mengatasnamakan Kapolsek Sukaraja Iptu Perdana Mahardika yang menelpon sejumlah pihak untuk meminta agar dikirimkan uang dalam jumlah besar ke rekening oknum tersebut.

Data diterima, sejumlah pihak sudah menjadi sasaran, tak luput pula sejumlah petinggi perusahaan perkebunan dan sejumlah kades dan perangkat desa di Kecamatan Sukaraja. Terbaru adalah Dir PTPN VII yang ditelpon untuk minta di transferkan uang.

Namun hal tersebut belum terjadi setelah pihak PTPN VII mengkonfirmasi uang dan membantah akan apa yang disampaikan oleh oknum mengatasnamakan kapolsek tersebut.

“Beruntung sebelum mengirimkan uang terlebih dahulu memastikan kembali. Saya harap seluruh pihak untuk bisa tidak mudah percaya akan oknum yang mengatasnamakan kapolsek tersebut,” kata Kapolsek Sukaraja, Iptu Perdana Mahardika kepada wartawan melalui sambungan telpon, Rabu (01/08/2018).

Kata Dia, pelaku berupaya meyakinkan kalau yang menelpon adalah kapolsek dengan nomor telpon 082111158623. Dalam perbincangan via telepon itu, pelaku meminta bantuan untuk mengurus pengambilan mobil dinas yang saat ini masih ada di Polda Bengkulu. Bahkan, oknmum pelaku sudah menelpon beberapa orang kades. Seperti pada kades BP I, kades Kayu Arang, Kades Sari Mulya, PTPN 7.

“Kita berharap ini menjadi pembelajaran dan apa yang dilakukan merupakan hal yang tidak mungkin. Karena kami kepolisian tidak pernah meminta minta seperti yang sudah dilakukan oknum pelaku,” tandasnya.

Dia menegaskan, permintaan itu adalah pencatutan nama alias hoax oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Pihaknya meminta kepada para kepala desa untuk waspada dan tidak mudah percaya atas seseorang yang mengatasnamakan pejabat penegak hukum ataupun dari instansi lainnya yang meminta sejumlah uang.

“Kita masih melakukan penyelidikan terhadap indikasi pelaku dan sekali lagi untuk tidak percaya,” tegasnya.

Diketahui, Kapolsek Sukaraja sebelumnya dijabat oleh AKP David Pratama Purba dan Iptu Perdana Mahardika baru menjabat usai diambil sumpah jabatannya oleh Kapolres Seluma AKBP Jeki Rahmat Mustika sejak Jumat 20 Juli 2018 lalu. [Sepriandi]