PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Pada Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu yang digelar pada hari Jum’at (31/8) di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Bengkulu disampaikan laporan pelaksanaan Reses Anggota DPRD Provinsi Bengkulu yang telah dilaksanakan sejak 30 Juli sampai 3 Agustus 2018 lalu.

Di samping mendengarkan penyampaian laporan kegiatan reses anggota DPRD Provinsi Bengkulu masa persidangan ke II tahun 2018, Rapat Paripurna juga diagendakan untuk mendengarkan laporan hasil pembahasan atas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) oleh komisi III.

Juru bicara pelaksanaan kegiatan reses, Agung Gatam dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan reses anggota DPRD Provinsi Bengkulu bertujuan untuk menjaring aspirasi masyarakat.

“Tujuannya untuk menjaring aspirasi masyarakat secara langsung agar usulan pembangunan bisa optimal dan dirasakan langsung oleh masyarakat untuk peningkatan taraf hidup yang lebih baik dalam pemenuhan hak-hak dasar rakyat dan sebagai bahan kajian oleh komisi komisi dengan mitra kerja terkait sesuai dengan fungsi dan tugasnya,” kata Agung saat mengawali laporannya.

Semua aspirasi masyarakat yang disampaikan dalam pertemuan di daerah pilihannya masing-masing ditampung dan disampikan kepada pemerintah daerah untuk ditindaklanjuti berdasarkan skala dan prioritas.

Pada laporannya, Agung Gatam menjelaskan pembangunan juga dilakukan melalui beberapa titik fokus, salah satunya adalah membangun jalan sentra produksi.

“Untuk dapat memudahkan akses transportasi usaha tani serta meningkatkan hasil, maka masyarakat berharap agar pemerintah memberi perhatian dan bantuan untuk memperbaiki dan membangun jalan sentra produksi bagi petani,” ujar Agung.

Diantara laporan juru bicara pelaksanaan reses, disebutkan juga beberapa titik pembangunan di Kabupaten Bengkulu Utara, yaitu antara lain jalan usaha tani Dusun II Desa Linggar Galing kurang lebih satu kilo meter, jalan usaha tani Desa Sidodadi Kecamatan Pondok Kelapa, jalan sentra produksi Tanjung Anom, jalan sentra produksi Sukamakmur, jalan usaha tani Desa Tanjung Harapan, jalan usaha tani Desa Karya Bakti, jalan sentra produksi Wonoharjo Kecamatan Giri Mulya, jalan sentra produksi Desa Tanjung Anom Dusun IV, jalan sentra produksi Pulo Panggung Kecamatan Talang Empat, jalan sentra produksi Desa Talang Pauh, Desa Linggar Kaling, jalan sentra produksi Desa Santan Raya, Desa Tanjung Kemenyan Kecamatan Napal Putih.

Dari seluruh titik rencana pembangunan di wilayah Provinsi Bengkulu, disampaikan juru bicara bahwa ada beberapa yang masuk ke program prioritas.

“Untuk Kabupaten Bengkulu utara diprioritaskan pada jalan Simpang Kerkap Tanjung Agung Palik Bengkulu Utara, dan untuk Kota Bengkulu tolong diprioritaskan untuk proyek rehab Jalan Pantai Panjang dan rehab Jalan Batang Hari,” tutup Agung.[Deni Dwi Cahya]