Kabag Aministrasi Pemerintahan, Sekretariat Daerah (Setda) Seluma, Nopetri Elmanto

PedomanBengkulu.com, Seluma – Pemerintah Kabupaten Seluma saat ini, mulai akan menertibkan aset lahan milik pemerintah daerah yang digarap masyarakat.

Kabag Aministrasi Pemerintahan, Sekretariat Daerah (Setda) Seluma, Nopetri Elmanto mengatakan, terhitung lebih dari 20 titik fokus lahan yang segera diambil alih oleh pemerintah daerah.

“Apabila ada Masyarakat yang mau pinjam pakai lahan. Tidak akan diberikan lagi. Yang sudah diterlanjur akan ditertibkan. Jika berbentuk bangunan diminta untuk membongkar sebelum tim turun,” tegas dia kepada wartawan usai rapat bersama di ruang kerja Sekda Seluma, Senin (27/08/2018).

Pemkab Seluma tambah dia, secara bertahap akan merubah status kepemilikan lahan. Yang sebelumnya masih ada sertifikat atasnama masyarakat, akan dirubah sertifikat milik pemerintah Kabupaten.

“Sudah ada sebagian yang disertifikatkan atasnama Pemda. Ada yang masih SKT, ada juga yang masih atasnama warga yang sertifikatnya sudah dengan kami. Nanti secara bertahap akan disertifikatkan atasnama Pemda,” tandasnya.

Kemudian kata dia, pada rapat selanjutnya, pihaknya akan lengkapi dokumen. Kemudian, akan panggil camat untuk mendata diwilayah masing-masing. Kemudian akan memanggil penggarap.

“Nanti penggarap akan kita undang juga,” tutupnya.

Diketahui, sejumlah aset lahan milik pemerintah Kabupaten Seluma dibeberapa titik masih digarap oleh masyarakat.

Seperti di sebelah kantor dinas Perizinan dan lahan milik Pemkab sebelum kantor Kesbangpol. Beberapa titik lahan ini, masih digarap masyarakat dengan menanam kelapa sawit. [Sepriandi]