Tim gabungan dari Angkatan Laut dan Basarnas menyatakan resmi menghentikan pencarian korban KM Arung Samudera, Sabtu (11/8)

PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Pencarian terhadap 3 korban yang belum ditemukan dalam insiden tenggelamnya Kapal KM Arung Samudera di Perairan Mentawai, Minggu (5/8/2018) lalu akhirnya dihentikan.

Hari ini, Sabtu (11/8/2018) pencarian korban kapal tenggelam yang telah masuk hari ke 7 dihentikan. Berbagai upaya pencarian telah dilakukan baik melalui Jalur Darat, Laut bahkan Udara, namun hingga saat ini 3 korban diantaranya, Okta, Siad dan Aldo masih belum ditemukan.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Letkol Agus Izudin melalui Pasop Kapten, Dedi Junaidi, menyampaikan secara resmi bahwa pencarian dihentikan. Meski dihentikan, pemantauan akan tetap dilakukan. Selain itu, dirinya mengapresiasi dukungan yang diberikan pemerintah Bengkulu terhadap proses pencarian tersebut.

“Proses dan berbagai upaya sudah dilakukan TNI Angkatan Laut, Basrnas Bengkulu, Pol Air Bengkulu, Basarnas Mentawai, Basarnas Padang dan masih banyak tim gabungan lainnya, serta dukungan yang diberikan oleh pemerintah juga telah maksimal, kita juga telah mendatangkan pesawat Cassa P- 8203 TNI Angkatan Laut, namun hasilnya masih nihil. Hasil saat ini atas garis dari Allah SWT. Apabila nanti melalui pos pemantauan ada informasi terbaru kita akan sampaikan,” kata Junaidi.

Sebelumnya, Kapal Nelayan KM Arung Samudra berlayar menangkap ikan diperairan pulau mego (Perairan Mentawai) Kamis tanggal 2 Agustus 2018 sekitar pkl 19.00 WIB.

Pada hari Jumat tanggal 3 Agustus 2018 sekitar pukul 05.00 WIB jarak sekitar 33 mil dari pintu alur Pelabuhan Pulau Baai arah Barat Daya Pulau Mego kapal dihantam ombak dan tenggelam.

Kapal tersebut diketahui membawa 10 oranng. Dalam peristiwa tersebut Kapten dan enam ABK ditemukan dalam keadaan selamat. Sementara 3 ABK lainnya hilang dan belum ditemukan. [Ardiyanto]

Berikut ini daftar nama Kapten dan ABK Kapal KM Arung Samudra :

1. Azis, Kapten Kapal dan pemilik kapal (sudah ditemukan).
2. Dion (telah ditemukan)
3. Okta
4. Defi (Telah ditemukan).
5. Mikko (Telah ditemukan)
6. Alo (Telah ditemukan)
7. Dadok (Telah ditemukan)
8. Siat.
9. Aldo.
10 Pi’i. (Telah ditemukan).